Mabuk Perjalanan: Penyebab dan Tips Mencegahnya

Mabuk perjalanan bukan sesuatu yang baru untuk dirasakan tubuh. Ketika berpergian menggunakan mobil, pesawat, ataupun kapal laut tak jarang rasanya tubuh ingin muntah, lemas, dan pusing tanpa sebab. Kenapa kadang tubuh bereaksi seperti itu selama perjalanan? Adakah cara mencegah agar tidak mabuk selama perjalanan? Simak penyebab dan cara mencegahnya di bawah ini seperti yang dilansir oleh hellosehat.

Related image

https://mediskus.com

Penyebab Anda terkena mabuk perjalanan

Dari sisi fisik

Mabuk perjalanan bisa dialami oleh siapa saja, rentannya dialami oleh wanita hamil dan anak-anak saat berpergian ke suatu tempat. Bagi orang-orang yang melakukan perjalanan di kapal, pesawat atau bahkan mobil, rasa mual dan pusing ini disebut sebagai motion sickness atau “penyakit” yang diakibatkan oleh gerakan. Kenapa namanya seperti ini?

Begini, mabuk saat perjalanan disebabkan oleh sinyal campuran yang dikirim ke otak oleh mata dan telinga bagian dalam. Tetapi, kenyataannya saat kita berada di kendaraan yang sedang melaju, tubuh Anda pastinya berada dalam posisi duduk atau diam di tempat, tapi mata dan telinga Anda melihat ke sekitar selama perjalanan. Inilah yang dinamakan motion sickness, karena penglihatan dan pendengaran Anda bergerak, tetapi tubuh Anda nyatanya cuma diam.

Dari sisi kendaraan

Kondisi mabuk perjalanan ini juga dipicu atau diperparah oleh bau-bau tajam dan tidak mengenakan seperti asap rokok dan pewangi kendaraan. Karena selama perjalanan Anda tidak dapat bergerak atau menghindar, maka tubuh yang terpapar aroma tersebut akan bereaksi menolak. Reaksi tubuh biasanya dilakukan dengan memunculkan rasa mual dan pusing.

Kurangnya kadar oksigen dan banyaknya kadar karbon dioksida di dalam kendaraan, serta sistem suspensi kendaraan yang tidak baik dan jalanan yang tidak rata juga menjadi pengaruh tersendiri terhadap mabuk perjalanan yang Anda yang alami.

Faktor risiko lain yang membuat Anda terkena mabuk perjalan bisa disebabkan oleh rasa takut dan cemas selama perjalanan. Ventilasi perjalanan yang tidak baik dan bahkan ketidakmampuan Anda melihat kondisi di luar jendela kendaraan yang Anda tumpangi.

Tips mencegah mabuk perjalanan

1. Makan dahulu sebelum melakukan perjalanan

Image result for makan dahulu sebelum perjalanan shutterstock

http://manado.tribunnews.com

Rasa mual saat perjalanan nyatanya juga disebabkan oleh perut yang kosong. Perut akan meningkatkan asam lambung untuk naik ke atas dan menyebabkan rasa mual. Apalagi jika sebelumnya Anda memang memiliki riwayat kesehatan lambung yang kurang baik. Maka usahakan untuk makan 1-1,5 jam sebelum berpergian. Hindari juga makanan berminyak, makanan pedas, dan minuman bersoda yang akan memperparah mual dan pusing di perjalanan

2. Konsumsi obat anti mabuk perjalanan

Image result for obat anti mabuk perjalanan shutterstock

https://journal.sociolla.com

Hal ini paling aman dan simpel untuk dilakukan. Obat anti mabuk ini biasanya jika diminum akan menimbulkan rasa kantuk yang dalam. Otomatis mata dan telinga Anda akan “mengistirahatkan” sensornya dan menghindari rasa mual di perjalanan.

3. Hindari memainkan gadget atau membaca buku, jangan lupa istirahat

Related image

https://daily.oktagon.co.id

Main gadget atau baca buku saat perjalan hanya akan membuat mata, telinga, dan otak Anda kacau dalam mencerna informasi. Dengan melakukan kegiatan tersebut Anda hanya akan meningkatkan risiko mual dan pusing. Jangan lupa istirahatkan tubuh Anda. Bila terasa mengantuk dan lelah, jangan memaksakan diri untuk tetap terjaga, biarkan tubuh Anda istirahat agar bisa fresh kembali selama perjalanan.

Tag: articles

Akmelia