Lima Kebiasaan Sederhana yang Ternyata Berbahaya

Banyak orang semakin peduli pada kesehatan. Kebiasaan sehat seperti mengonsumsi air lemon dan menyikat gigi secara teratur pun dilakukan. Namun jika tidak memahami apa yang ada di baliknya secara benar, kebiasaan sehat itu justru bisa berbalik jadi berbahaya.

Menyikat gigi, misalnya. Tidak boleh dilakukan langsung setelah makan. Air lemon juga sebaiknya tidak dikonsumsi pada pagi hari setelah bangun tidur. Apa lagi kira-kira kebiasaan sehat yang ternyata punya bahaya? Berikut daftarnya, dikutip Times of India.

Main Ponsel Sebelum Tidur

Image result for playing gadget before sleep

cloudfront.net

Saat tak bisa tidur, jangan justru main ponsel. Saling berkirim pesan, menonton video, atau membaca berita ringan mungkin bisa membuat mengantuk. Tapi sudah bukan rahasia bahwa radiasi dari layarnya justru memicu insomnia dan sakit kepala.

Ilmuwan Swedia menemukan bahwa orang-orang yang menggunakan ponsel mereka sebelum tidur akan lebih lama mencapai tahap tidur nyenyak.

Menyikat Gigi Setelah Makan

Image result for brushing teeth

orthodonticslimited.com

Menyikat gigi minimal dua kali sehari, setelah makan dan sebelum tidur, memang penting. Tapi Dr Nigel Carter, Kepala Eksekutif British Dental Health Foundation mengatakan, jangan langsung melakukannya setelah makan.

"Kandungan gula dalam makanan akan bereaksi dengan plak dan menyebabkan asam, yang akan melunakkan enamel gigi," katanya menjelaskan. Dengan demikian, menyikat gigi langsung setelah makan justru buruk. Tunggu sampai satu jam, atau sikat gigi lah sebelum sarapan.

Khawatir Soal Berat Badan

Related image

nepalbuzz.com

Baik untuk menjaga berat badan Anda tetap sehat dan seimbang. Tapi terlalu terobsesi meski baru naik beberapa kilogram saja, akan berdampak negatif. "Indeks massa tubuh tidak menghitung berapa jumlah otot atau di mana letak lemak," kata Dr David Haslam, Direktur Klinis National Obesity Forum.

Banyak atlet yang dikategorikan terlalu berat meski tak punya banyak lemak. Beberapa orang mungkin tidak punya indeks massa tubuh sehat, tapi lemaknya dan itu berisiko kesehatan.

Membawa Tas Berat

Image result for carrying backpack

shopify.com

Tas besar adalah kabar buruk. Apalagi jika disi penuh sampai berat. "Membawa beban berat di satu sisi bisa menyebabkan ketidakseimbangan dalam struktur otot, membuat sakit leher, bahu, dan masalah punggung," kata Danny Williams, anggota British Osteopathic Association. Lebih baik membawa di dua bahu.

Minum Air Lemon

Image result for lemon water

amazonaws.com

Atas nama kesehatan dan demi kelangsingan, banyak orang yang mulai menerapkan konsumsi air lemon. Bahkan itu menjadi konsumsi wajib setelah bangun tidur. Padahal, meminum air hangat dicampur lemon pada pagi hari adalah berbahaya. Itu mungkin detoksifikasi yang baik, tapi akibatnya akan fatal bagi gigi.

"Air panas dan lemon korosif untuk gigi Anda," ujar Dr Mervyn Druian dari The London Centre for Cosmetic Surgery. Jika ingin menguatkan enamel gigi, lebih baik meminum teh pepermint.

 

Insan Medika merupakan provider homecare dan caregiver terbaik dan terpercaya. Segera temukan perawat professional pilihan Insan Medika dengan mengunjungi website kami.

Tag: articles

Chintya