Lima Cara Menuju Senyum yang Sehat 

Kesehatan mulut sangat penting. Jika tidak dijaga sejak dini, kesehatan oral ini dapat merepotkan di kemudian hari. Rasa tidak percaya diri akan terus menghantui seseorang saat berinteraksi dengan yang lain jika ia memiliki bau mulut.

Selain mengurangi rasa percaya diri, kesehatan oral yang menurun akan mempengaruhi kualitas kehidupan, baik itu fisik, mental, dan sosial.

Itu sebabnya tidak ada salahnya mulai mengajarkan kebiasaan menyikat gigi sejak kanak-kanak.

Selain itu, cobalah untuk rutin ke dokter gigi untuk mengecek kesehatan gigi dan mulut. Kebanyakan penyakit gigi mudah dirawat dan tidak membutuh waktu banyak atau biaya jika dideteksi awal.

Dilansir Best Idea for Kids ada lima tips menuju senyum yang sehat.

1. Mulailah dengan Kebiasaan Oral yang Baik. 

Benang (floss), sikat, dan kumur-kumur. Menerapkan satu kebiasaan berkumur-kumur dengan cairan pencuci mulut (mouthwash) setiap malam, ini membuat perbedaan besar jumlah plak dan gigi berlubang. Selain itu, mengosok gigi setiap hari sangat penting. Menggosok selama 2 hingga 3 menit sedikitnya dua kali sehari dapat mencegah penyakit gusi dan kerusakan gigi. 

2. Jangan Lewatkan Perjanjian dengan Dokter

Berkonsultasi rutin dengan dokter gigi sangat penting. Dokter gigi akan mengecek setiap lubang, kerusakan gigi dan penyakit gusi. Mereka juga akan membersihkan gigi dan mengangkat plak yang tidak bisa dibersihkan sendiri. 
Dokter gigi juga dapat membantu dan mencegah masalah yang tidak diketahui sebelumnya. 

3. Makan dengan Pola Makan yang Seimbang. 

Makan makanan sehat dapat membantu gigi sehat. Pilihlah pola makan seimbang dengan memasukan biji-bijian, buah, sayur dan daging tanpa lemak dalam menu sehari-hari. 

4. Lindungi Mulut. 

Jaga jangan sampai gigi terbentur, terutama setelah semua gigi dewasa tumbuh. Jangan ragu untuk menggunakan pengaman saat berpartisipasi dalam aktivitas yang mungkin ‘membahayakan’ gigi. 

5. Melatih Gaya Hidup Sehat. 

Dengan menerapkan pola hidup sehat seperti tidak merokok atau menghindari penggunaan obat terlarang, risiko stres dan terserang penyakit berbahaya lainnya pun berkurang. Merokok sendiri dapat menyebabkan bau napas mulut, warna gigi berubah, dan bertambahnya plak dan karang gigi.

Insan Medika merupakan provider homecare dan caregiver terbaik dan terpercaya. Segera temukan perawat professional pilihan Insan Medika dengan mengunjungi website kami.

Tag: articles

Chintya