Lima Alasan Kenapa Aktivitas Kembali ke Alam Bermanfaat 

Kembali ke alam, menghirup udara segar, memandangi pantai atau berjalan-jalan di taman membawa manfaat yang sangat besar dibanding menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer, atau berjalan-jalan mengitari mall dan mengurung diri di rumah.

Ungkapan itu bukan isapan jempol semata. Sejumlah penelitian juga telah menegaskan ada manfaat di balik beraktivitas di luar ruang. Beberapa di antaranya, seperti dilansir dari sejumlah sumber dan The Huffington Post sebagai berikut: 

1. Cahaya Matahari Mencegah Myopia

Image result for sun light

skyway-es.com

Penelitian yang dilakukan Dr. Donald O.Muttii dari The Ohio State University, Dr Ian Morgan dari Australian National University, Sun Yat-sen dari China, dan Dr. Mike Yang dari Canada Centre untuk Contact Lens Research menemukan bahwa tubuh, khususnya anak-anak, yang kurang terkena sinar matahari akan berpotensi kena myopia. Mereka merekomendasikan dua hingga tiga jam anak mendapatkan sinar matahari setiap hari untuk mencegah penyakit yang menyerang mata atau pandangan ini.

2. Baik untuk Kesehatan Jiwa

Related image

p3k.hu

Penelitian di Stanford University menemukan bahwa orang yang berjalan 90 menit di alam bebas menurunkan tingkat risiko depresi dibanding orang yang berjalan di kota besar dengan latar urban. Dalam studi pada 2015 juga menegaskan bahwa orang yang berjalan-jalan atau menghabiskan waktu di alam mengalami sedikit kecemasan, dan efek negatif pada dirinya, sehingga lebih positif dan bahagia.

3. Membantu Peningkatan Prestasi Pendidikan

Related image

bergamonews.it

Studi yang dilakukan tim Finlandia terhadap siswa dan siswi sekalah menunjukkan mereka yang aktif di luar ruang akan baik juga dalam hal kemampuan membaca, komprehensif dan keahlian aritmatika.

4. Membantu Mengurangi Level Stres 

Related image

presseportal.ch

David Strayer, psikolog dari University of Utah mempelajari bahwa alam memiliki efek yang menenangkan tingkat stres manusia. National Geographic melaporkan bahwa otak kita juga mengenal lelah. Ketika ia melambat, berhentilah dari kesibukan, dan lihatlah ke alam sekeliling, tidak hanya membuatnya restore tapi performa mental dan emosional juga kembali pulih. 

5. Meningkatkan Kesehatan Fisik dan Umur Panjang

Image result for grandparents

popsugar-assets.com

Tahun lalu University of Derby dan Wildlife Trusts meluncurkan program atau tantangan 30 hari bersama alam. Mereka yang menerima tantangan ini akan menjalani sejumlah aktivitas selama sebulan seperti berjalan, jogging, hiking, atau menanam bunga. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan terhadap rasa bahagia dan menjadi lebih sehat. Penelitian menyimpulkan beraktivitas di alam atau luar ruang berkontribusi besar terhadap umur lebih panjang.

Insan Medika merupakan provider homecare dan caregiver terbaik dan terpercaya. Segera temukan perawat professional pilihan Insan Medika dengan mengunjungi website kami.

Tag: articles

Chintya