Home ยป Lakukan 5 Kebiasaan Ini Agar Lebih Sehat Di Pagi Hari

Lakukan 5 Kebiasaan Ini Agar Lebih Sehat Di Pagi Hari

Apakah kebiasaan yang Anda lakukan setiap pagi? Minum kopi, olahraga, atau bermalas-malasan? Ternyata beberapa kebiasaan di pagi hari bisa mengantar kita pada hidup yang lebih sehat.

Menurut ahli nutrisi, pelatih kebugaran, dan guru yoga bahwa beberapa kebiasaan ini akan menjadikan hidup anda jauh lebih sehat dan menyenangkan:

1. Minum air putih

Related image

Blog

“Saat bangun tidur, tubuh kita membutuhkan air untuk mengganti cairan yang hilang,” ujar Alissa Rumsey, MS, RD, konsultan diet dari New York. “Pasalnya sedikit saja dehidrasi bisa mengakibatkan rasa lemas, malas, dan memperlambat metabolisme. Dengan minum cukup air di pagi hari, kita bisa memompa tenaga kita.

2. Pejamkan mata dan meditasi

Image result for meditasi pagi hari shutterstock

https://www.vemale.com/tips-and-tricks

Ini serupa dengan berdoa di pagi hari. Dengan duduk sejenak dan mensyukuri kehidupan atau merasakan suasana pagi bisa meningkatkan konsentrasi dan fokus, serta menekan stres sepanjang hari itu.

“Riset menunjukkan bahwa meditasi bisa mempengaruhi otak kita, dan menghidupkan area yang terkait dengan kesadaran, empati, pembelajaran, ingatan, dan welas asih, sekaligus memadamkan area yang terkait dengan rasa takut, cemas, dan stres,” ujar Kara Lydon, guru yoga dari Boston.

3. Makan buah dan sayuran

Related image

http://www.wral.com/

Mengawali pagi dengan buah-buahan dan sayuran adalah pilihan tepat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh kita. Selain itu, buah-buahan di pagi hari membantu sistem pencernaan kita membersihkan racun, sekaligus memasok vitamin.

“Kita bisa menyantap pisang, apel, buah naga, pepaya atau buah lain di pagi hari untuk mendapatkan manfaat terbaik kesehatan,” ujar Samantha Cassetty, konsultan nutrisi dari New York.

4. Melakukan peregangan

Related image

https://cantik.tempo.co/read/894459

Peregangan membuat peredaran darah lebih lancar dan membuat kita lebih segar saat bangun. “Peregangan juga menghindarkan kita dari cedera sebelum melakukan aktivitas, serta menghilangkan kekakuan akibat posisi tubuh yang tidak benar,” ujar Ryan Whitcomb, pelatih kebugaran di New Jersey.

5. Sarapan biji-bijian

Image result for makan whole grain shutterstock

http://health.kompas.com/read/

Anda memerlukan tenaga untuk beraktivitas sepanjang hari, dan biji-bijian (whole grain) adalah pilihan yang baik. Selain membuat kita kenyang lebih lama, biji-bijian juga memberi manfaat kesehatan seperti mengurangi risiko serangan jantung, diabetes, kanker, dan kegemukan.

Anda dapat terapkan 5 kebiasaan di atas, untuk memiliki hari yang menyenangkan dan tentunya menerapkan gaya hidup sehat. Yuk mulai membiasakan!

Untuk memiliki layanan home care kesehatan, Anda dapat kunjungi website kami dan Anda juga bisa mengandalkan aplikasi Insan Medika yang dapat diunduh di Google Play. Insan Medika adalah perusahaan agency perawat home care terpercaya di Indonesia. Menghadirkan layanan medis dengan pemasangan alat yang didukung oleh staff perawat profesional dan layanan non medis untuk perawatan lansia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *