Kurangi 5 Kebiasaan Agar Haid Tidak Semakin Parah

Sakit perut bahkan kram sering jadi momok bagi para wanita yang sedang menstruasi atau haid. Bahkan tak jarang rasa sakit ini mengganggu rutinitas. Di pasaran memang telah tersedia obat peredam rasa sakit saat haid, tapi sebagian wanita takut mengonsumsi karena tak ingin bergantung pada obat. 

Rupanya, disadari atau tidak ada beberapa kebiasaan yang membuat rasa sakit saat haid bertambah parah. Dilansir dari CNNIndonesia.com, ada lima kebiasaan yang patut dikurangi demi meminimalisir rasa sakit.

1. Olahraga tertentu

Related image

http://www.shehealthy.com/2015/

Olahraga memang baik dilakukan secara rutin. Bahkan sebenarnya tak ada larangan bagi wanita yang sedang haid untuk berolahraga. Namun, menurut Rachel High dan beberapa koleganya di Baylor Scott & White Health di Texas Tengah, beberapa riset mengindikasikan bahwa olah raga ringan seperti jogging atau berlari di treadmill, yoga dan pilates bisa meningkatkan rasa tidak nyaman saat haid seperti rasa sakit dan perubahan emosi. 

2. Minum alkohol dan konsumsi gula

Image result for minum alkohol shutterstock

https://www.merdeka.com/sehat/drunkorexia

Kadang alkohol jadi pelarian saat stres atau lelah setelah seharian bekerja. Namun, alkohol justru harus dihindari saat haid. Selain itu, wanita harus bertahan dari godaan dessert serba manis atau cokelat yang dikatakan bisa membuat suasana hati lebih nyaman. 

"Kami merekomendasikan untuk membatasi konsumsi alkohol dan makanan manis atau dessert karena mereka bisa mengakibatkan kenaikan kadar guila darah, perut kembung dan tubuh jadi lebih lesu," kata Starla Garcia, ahli diet di Houston. 

3. Konsumsi kafein

Image result for minum kopi shutterstock

http://thetanjungpuratimes.com/2017

Punya kebiasaan ngopi di pagi hari? Tampaknya wanita harus menggantinya dengan minuman lain selama haid. High mengatakan bahwa kafein bisa mengakibatkan aktivitas peningkatan produksi urine, sehingga tubuh kekurangan cairan. 

"Sementara itu, kafein juga stimulan, yang bisa berpotensi mengiritasi rahim dan meningkatkan kram, menghindari kafein belum terbukti bisa mengurangi rasa sakit saat haid," katanya. 

4. Stres

Image result for stress shutterstock

http://www.mommyish.com/stress-in-kids/

Stres memang tidak membuat rasa sakit saat haid makin parah, tapi ia benar-benar mempengaruhi perubahan perasaan. Sebagian orang mungkin tidak bisa benar-benar menghindari stres, tapi ada kegiatan yang bisa dilakukan agar tubuh dan pikiran lebih tenang. High menyarankan wanita untuk berjalan-jalan sambil ngobrol bersama teman, mandi air hangat atau bermain bersama hewan peliharaan. 

5. Tidak makan 3 kali sehari

Related image

http://www.klikdokter.com/info-sehat

Sebagian wanita yang sedang haid kadang sama sekali enggan untuk makan teratur. Sulit untuk makan teratur saat perut terasa kembung atau kram. Garcia menyarankan, jika sulit untuk makan tiga kali sehari, makan cukup dengan porsi kecil tapi frekuensinya ditambah. Perut kosong hanya akna mengakibatkan peningkatan asam lambung dan mual.

Untuk memiliki layanan home care kesehatan, Anda dapat kunjungi website kami dan Anda juga bisa mengandalkan aplikasi Insan Medika yang dapat diunduh di Google Play. Insan Medika adalah perusahaan agency perawat home care terpercaya di Indonesia. Menghadirkan layanan medis dengan pemasangan alat yang didukung oleh staff perawat profesional dan layanan non medis untuk perawatan lansia.

Tag: articles

Akmelia