Kuaci Ternyata Banyak Manfaatnya

Siapa yang tidak mengetahui kuaci bunga matahari? Hampir semua pernah makan cemilan ringan satu ini. Ternyata, walaupun bentuknya kecil, namun banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. 

Kuaci merupakan sumber lemak sehat (tak jenuh) hampir 90%, vitamin, antioksidan, mineral, protein dan fitokimia yang sangat baik. Selain itu, biji bunga matahari mengandung lemak tak jenuh ganda (asam linoleat) dan tunggal (asam oleat), jenis lemak yang melindungi jantung. Studi klinis menunjukkan, makanan tinggi lemak tak jenuh lebih baik daripada makanan rendah lemak, karena meningkatkan HDL (kolesterol baik) dan menurunkan LDL (kolesterol jahat).

Berikut adalah beberapa manfaat dari Kuaci : 

1. Membantu Mencegah Penyakit Kanker

Salah satu manfaat kuaci adalah sebagai pengontrol kerusakan sel sehingga berperan penting dalam mencegah serangan kanker. Hal tersebut dikarenakan kuaci mengandung selenium yang merupakan musuh utama sel kanker. Selenium telah terbukti memicu perbaikan DNA dan sintesis dalam sel yang rusak, selain itu selenium juga mampu menghambat petumbuhan dan mematikan sel kanker. 

2. Menyehatkan Kulit

Sudah tidak diragukan lagi jika kuanci mengandung banyak sekali vitamin E di dalamnya. Vitamin E yang terkandung dalam kuaci juga mampu menyehatan dan menjaga kulit dari paparan sinar ultraviolet matahari.

3. Menurunkan Kolesterol

Kuaci menandung senyawa pitosterol yaitu senyawa pada tumbuhan yang memiliki struktur kimia yang sangat mirip dengan kolesterol. Ketika disajikan saat diet, jenis biji-bijian yang satu ini diyakini mampu mengurangi kadar kolesterol, menambah respon imun, dan mampu menurunkan risiko kanker tertentu.

4 . Antioksidan yang Baik

Beberapa penyakit yang disebabkan oleh peradangan alami seperti nyeri sendi, infeksi lambung, dan asma bisa diredakan dengan makan kuaci, sebab kuaci biji bunga matahari adalah sumber antioksidan yang baik.

5. Memelihara Kadar Homosisten

Kuaci juga mengandung folat yang membantu pertumbuhan sel-sel darah merah untuk metabolisme dan menjaga homosisten dan asam amino dalam tubuh agar tetap berada dalam keadaan normal.

Itulah beberapa manfaat kesehatan makan kuaci biji bunga matahari. Meski mungil, biji bunga matahari ternyata menyimpan banyak khasiat. Terlebih lagi harga kuaci yang murah dan mudah didapat, sehingga kita dapat menikmati kuaci kapan saja dan dimana saja. 

 

Tag: articles

arif