Kini Fasilitas Kesehatan di Indonesia Hampir Setara Luar Negeri

Mungkin masih banyak orang Indonesia yang beranggapan bahwa pengobatan paling baik masih belum dimiliki oleh lembaga kesehatan di Indonesia. Oleh karena itu, tidak sedikit mereka yang lebih memilih memeriksakan kesehatan atau melakukan perawatan di luar negeri dibanding negeri sendiri.

 

Padahal menurut dr. Yanwar Hadiyanto, MARS selaku CEO Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI) Group mengatakan bahwa ilmu kedokteran dan teknologi di Indonesia sudah mengalami kemajuan pesat. Banyak teknologi terbaru yang mulai di adopsi oleh rumah sakit Indonesia.

 

"Kami secara agresif mengadopsi teknologi terbaru untuk meningkatkan pelayanan pada pasien. Dapat dikatakan apa yang ada di negara lain juga ada di sini," kata dr. Yanwar saat diskusi mengenai Inovasi Teknologi Medis dari Masa ke Masa di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

 

MRI 3 Tesla, pasienbpjs.com

Beberapa dokter dari RSPI juga turut memaparkan segelintir perkembangan teknologi yang digunakan saat ini. Misalnya penyempurnaan CT-Scan dengan kehadiran MRI 3 Tesla Skyra yang dapat  menunjukkan gambaran organ tubuh besar, seperti lambung hingga pembuluh darah kapiler yang ukurannya sangat kecil.

 

Ultrasonografi 4D

Ultrasonografi 4D, hellosehat.com

 

Kemajuan teknologi dalam bidang kandungan misalnya para dokter sudah dapat melihat kemungkinan risiko kelainan pada janin bahkan dari usia kandungan 10 minggu dan melihat bentuk janin yang masih muda dengan sangat mendetil menggunakan Ultrasonografi (USG) 4 dimensi dan dukungan teknologi High Defenition (HD).

 

"Bila kelainan ini sudah diketahui dari awal dokter bisa mengambil tindakan untuk mengoreksi kelainan tersebut," ujar dr. Azen Salim, Sp. OG - KFM, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Konsultan Fetomaternal RSPI.

 

Dengan semakin majunya teknologi kesehatan dan kedokteran sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan, ia berharap masyarakat memberikan kepercayaan pada penyedia layanan kesehatan lokal. "Kami mengharapkan bahwa masyarakat bisa menambah kepercayaan pada pemberi layanan kesehatan di Indonesia," ujarnya.

Tag: articles

Vionita