Kenali 6 Tanda Tubuhmu Kekurangan Protein

Tubuh kita memerlukan banyak protein untuk membentuk sel pada kulit, otot, tulang, hingga rambut. Protein merupakan salah satu nutrisi penting bagi tubuh untuk membantu membangun otot dan jaringan tubuh khususnya. Sayangnya tubuh tidak dapat menyimpan protein dalam waktu lama. Oleh karena itu, Anda perlu mencukupi protein setiap hari untuk memperbaiki sel yang rusak dan membentuk sel baru.

Related image

http://www.mccartyweightloss.com/

Ruben Onsu yang merupakan presenter televisi Indonesia contohnya yang beberapa hari lalu didiagnosa kekurangan protein harus menjalani perawatan intensif di rumah sakit. Lantas, bagaimana jika tubuh kekurangan protein? Yuk kita lihat apa yang menjadi tanda-tanda tubuhmu tidak mengonsumsi cukup protein seperti yang dilansir cnnindonesia.com

1. Mengidam

Related image

http://rutenbergblog.com/

Jika tubuh tidak mengonsumsi cukup protein, dalam waktu dekat, tubuh akan memberikan sinyal ia butuh protein. Ahli gizi di UCLA Medica Center dan Asisten Professor di Fielding School of Public Health Dana Hunnes mengatakan agar dapat mendengarkan sinyal tersebut. Misalnya, jika sedang menginginkan memakan ayam atau sup, dengarkan tubuh dan berikan asupan itu.

2. Rindu makanan manis-manis

Related image

http://www.okpeke.com/

Tubuh mencerna protein dan lemak lebih lambat dibanding karbohidrat. Jika tubuh mengonsumsi karbohibdrat tanpa protein yang cukup, zat tersebut akan dicerna lebih cepat dan meningkatkan gula darah. Peningkatan itu akan diikuti dengan penuranan. Ketika penurunan terjadi tubuh membutuhkan asupan gula dan mengirimkan sinyal membutuhkan gula.

3. Rambu rontok

Image result for rambut rontok shutterstock

https://www.vemale.com/topik

Zat pembentuk rambut adalah protein atau secara spesifik disebut keratin. Jika tidak mengonsumsi cukup protein, rambut akan mulai menipis dan rontok. Hal itu terjadi karena tubuh berhenti menggunakan protein untuk hal-hal yang tidak terlalu penting seperti pertumbuhan rambut.

4. Kuku mudah patah dan kulit mengelupas

Image result for kuku patah shutterstock

http://doktersehat.com/

Protein juga penting untuk sel-sel kuku dan kulit agar dapat tumbuh. Kurang asupan protein, dapat membuat kuku menjadi lemah dan kulit mengelupas. Selain itu, kekurangan protein juga bisa menyebabkan ruam dan masalah dermatologi lainnya.

5. Sering sakit

Related image

https://www.stuff.co.nz/life-style

Protein juga dibutuhkan untuk membangun komponen dari sistem imun. Nutrisi protein yang tak cukup dapat membuat sistem kekebalan itu melemah dan membuat tubuh mudah sakit.

6. Mudah merasa lelah

Image result for lelah shutterstock

https://www.arah.com/article

Bagi kebanyakan orang, mengkonsumsi sedikit protein dalam satu hari tidak akan memengaruhi energi karena mendapatkan kalori dari zat lainnya. Kendati demikian, dalam jangka waktu lama, kurang protein dapat merusak otot dan mengakibatkan turunnya energi. Jika Anda sering merasakan gejala ini, segera konsumsi protein, yang bisa didapatkan dari susu, telur, ikan, daging, kacang-kacangan, serta hidangan laut.

Untuk memiliki layanan home care kesehatan, Anda dapat kunjungi website kami dan Anda juga bisa mengandalkan aplikasi Insan Medika yang dapat diunduh di Google Play. Insan Medika adalah perusahaan agency perawat home care terpercaya di Indonesia. Menghadirkan layanan medis dengan pemasangan alat yang didukung oleh staff perawat profesional dan layanan non medis untuk perawatan lansia.

Tag: articles

Akmelia