Kebiasaan Ini Ternyata Dapat Membuat Perut Buncit!

Perut buncit adalah sebuah keluhan yang tak hanya mengganggu bagi para wanita saja, tapi juga bagi para sebagian pria yang mementingkan penampilan. Ketika perut membuncit, akan menurunkan rasa percaya diri seseorang sehingga akhirnya tak perlu heran kalau banyak orang akan langsung mencari cara mengecilkan perut buncit.

Penyebab perut buncit sangat banyak, termasuk kebiasaan yang kita sadari maupun yang tidak disadari. Kita semua telah mengetahui bahwa perut buncit bukanlah tanda yang baik bagi tubuh.

Berikut adalah beberapa kebiasaan buruk yang menjadi penyebab perut buncit :

1. Makan Larut Malam

Tubuh Anda secara alami membakar beberapa timbunan lemak saat Anda tidur, namun tubuh tidak akan membakar secara efisien jika Anda tidur pada perut penuh. Berbaring setelah kenyang dapat meningkatkan risiko terkena refluks asam lambung dan gangguan pencernaan. Untuk mencegah kondisi ini, makanlah sedikit makanan di malam hari, dan jangan berbaring setidaknya selama tiga jam setelah makan malam.

2. Kurang Tidur

Ketika Anda gagal untuk mendapatkan tidur yang cukup, maka tingkat kortisol (hormon stres) akan meningkat dan menyebabkan Anda mengonsumsi makanan tinggi gula. Dengan pikiran yang seperti itu, maka akan lebih sulit untuk menyingkirkan lemak perut ketika Anda menjaga kebiasaan kurang tidur ini.

3. Makan ketika Emosi

Apakah Anda pernah menemukan diri Anda makan tanpa sadar ketika emosi? cobalah untuk mengubah kebiasaan sebelum Anda berakhir dengan makan makanan cepat saji, seperti burger, nasi goreng, atau mie instan. Makan disaat emosi memang tidak masalah jika itu dapat membuat Anda merasa lebih baik, namun jika Anda selalu mengandalkan makan setiap kali Anda stres atau marah, janganlah kaget jika timbunan lemak di perut bertambah banyak.

4. Menggunakan Piring Besar

Dengan ukuran piring yang besar, akan memiliki lebih banyak ruang untuk menaruh makanan. Jadi Anda cenderung untuk mengonsumsi lebih dari yang dibutuhkan tubuh Anda. Hal ini mengarah kepada penimbunan lemak pada tubuh. Oleh karena itu, pilihlah piring yang lebih kecil untuk menahan nafsu makan Anda.

5. Merokok

Merokok dapat membantu mengurangi berat badan, tapi hal itu juga dapat menjadi penyebab perut buncit. Para ilmuwan dari University of Glasgow menemukan bahwa merokok mungkin berhubungan dengan berat keseluruhan yang lebih rendah, namun hal itu cenderung mendorong lemak menuju daerah inti tubuh, yang mengakibatkan perut menjadi lebih besar.

Nah itulah beberapa kebiasaan yang tidak kita duga dapat menyebabkan perut bucit. Apakah Anda melakukan salah satu kebiasaan di atas? jika iya, ayo mulai sekarang kurangi dan hilangkan kebiasaan tersebut, agar kita terhindar dari perut buncit yang tidak sehat bagi tubuh. 

Tag: articles

arif