Kapten Fiorentina Meninggal Karena Serangan Jantung, Kok Bisa?

Meninggalnya Kapten Fiorentina, Davide Astori (31) secara mendadak menyebabkan pertanyaan. Davide meninggal dunia saat tidur jelang pertandingan lawan Udinese. Astori diduga meninggal karena serangan jantung.

thesun.co.uk

Bukan hanya Astori ada juga pesepak bola lain seperti Cheick Tiote atau Daniel Jarque yang meninggal karena serangan jantung. Hal ini membuat banyak orang bertanya-tanya, bagaimana bisa seorang atlet yang dikenal sehat bisa terkena serangan jantung?

Sebenarnya, bukanlah salah dari olahraga itu sendiri. Walaupun sebagian besar atlet menjalani pola hidup sehat, bukan berarti ia terbebas dari serangan jantung.

Penyebab sebenarnya adalah atlet yang terkena serangan jantung itu, terlalu berlebihan dalam menjalani aktivitas fisiknya. Hal ini diungkapkan langsung oleh dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Dicky Hanafy beberapa waktu lalu.

Aktivitas Fisik Berlebihan Bisa Sebabkan Serangan Jantung seperti Davide Astori

health.liputan6.com

Dicky menjelaskan, aktivitas fisik yang berlebihan dapat membuat terjadinya pengembangan pada organ jantung yang terlalu lebar.

"Akibatnya, oksigen yang didapat otot jantung jadi tidak berhenti. Alhasil, orang tersebut bisa mengalami serangan jantung," kata Dicky Hanafy beberapa waktu lalu.

Prinsipnya, risiko seperti ini dapat terjadi pada semua jenis olahraga. Karena sepertinya halnya otot dalam tubuh, bila dilatih, otot akan terus berkembang. Pun yang terjadi pada otot jantung.

Bila otot sering dilatih, akan berubah menjadi tebal dan itu bagus. "Saat orang melakukan aktivitas fisiknya sangat berlebihan hingga otot jantung menebal dan terlalu melebar, inilah yang bahaya. Oksigen yang seharusnya diterima oleh otot jantung, jadi tidak diterima. Akibatnya, timbul gangguan pada jantung," tambah dia.

Pilihlah layanan home care kesehatan yang tepat untuk keluarga anda tercinta. Anda dapat kunjungi Insan Medika untuk mendapatkan layanan home care terbaik.

Tag: articles

Vionita