Jonghyun SHINee Meninggal, Apakah Depresi Bisa Dicegah?

Beberapa minggu yang lalu, para kpop fans dihebohkan dengan berita meninggal dunianya Jonghyun SHINee yang dikabarkan ia depresi lalu bunuh diri di apartemen Cheongdam, Seoul, Korea Selatan. Pria berusia 27 tahun itu tewas setelah menghirup karbon monoksida dari briket yang ia nyalakan.

Dalam unggahan di Instagram, penyanyi K-Pop, Nine merilis catatan Jonghyun: “Saya hancur dari dalam. Depresi yang perlahan melahap saya, akhirnya menghabiskan saya”. Depresi itu sendiri adalah suatu gangguan kesehatan mental yang terjadi sedikitnya selama dua minggu atau lebih yang memengaruhi pola pikir, perasaan, suasana hati, dan cara menghadapi aktivitas sehari-hari.

Mengalami depresi bisa membuat Anda merasa tak berdaya. Sebenarnya ada banyak hal yang dapat Anda lakukan sendiri untuk melawannya. Yuk, coba tips ini yang dapat membantu Anda merasa lebih baik.

1. Tentukan Tujuan

Image result for calendar plan

https://westpress.com/wp-content

Bila Anda mengalami depresi, Anda mungkin merasa tidak bisa mencapai apapun. Itu membuat Anda merasa lebih buruk tentang kepercayaan diri Anda. Untuk mendorongnya kembali, buat daftar tujuan harian Anda setiap hari.

2. Olahraga

Olahraga teratur nampaknya dapat mendorong otak agar melakukan hal positif. Berapa banyak latihan yang Anda butuhkan? Tidak perlu sesuatu yang melelahkan, hanya sekedar jogging beberapa kali dalam seminggu itu dapat membantu.

3. Makanan Sehat

Jika depresi cenderung membuat Anda makan berlebihan, coba Anda mulai mengendalikan makan Anda dengan mencari tahu baik atau tidaknya makanan yang Anda konsumsi bagi kesehatan. Makanan dengan omega-3 (seperti salmon dan tuna) dan asam folat (seperti bayam dan alpukat) dapat membantu meredakan depresi.

4. Tidur yang Cukup

https://hmthospitals.org/wp-content

Depresi bisa membuat Anda sulit tidur, dan terlalu sedikit tidur dapat memperburuk diri Anda. Apa yang bisa dilakukan? Mulailah dengan membuat beberapa perubahan pada gaya hidup Anda. Tidurlah dan bangunlah pada waktu yang sama di setiap hari. Cobalah untuk tidak tidur siang, dan tidak menyalakan TV saat mau tidur. Hal ini akan membuat tidur Anda membaik.

5. Konsultasikan ke Dokter sebelum Minum Suplemen

http://www.bestsampleresume.com/advice/wp-content

Minum obat/suplemen memang terlihat menjajikan untuk sebagian orang. Tapi agar tidak berefek buruk, maka perlu periksa dan konsultasikan ke dokter Anda, apakah baik atau tidak untuk dikonsumsi.

6. Lakukan Sesuatu yang Baru

https://i.pinimg.com/736x/cd/9a/eb

Saat Anda depresi, Anda sedang dalam kebiaasan buruk. Dorong diri Anda sendiri untuk melakukan sesuatu yang berbeda. Misalnya dengan pergi ke museum, mengikuti kelas bahasa atau kelas memasak. Pokoknya sesuatu yang positif untuk mengisi waktu yang belum pernah Anda lakukan.

7. Jangan Lupa Bahagia

Jika Anda mengalami depresi, hal ini begitu penting. Luangkan waktu untuk melakukan sesuatu yang Anda sukai. Bagaimana jika tidak ada yang terasa menyenangkan lagi? Itu hanya gejala depresi. Dan Anda harus tetap mencoba. Rencanakan hal-hal yang bisa Anda nikmati, misalnya seperti nonton bioskop, atau berkencan dengan teman untuk makan malam.

Tag: articles