Jangan Terlalu Lama Menyimpan Makanan Di Kulkas

Kulkas saat ini sudah menjadi kebutuhan utama di rumah bagi setiap orang.Pasalnya, kehadiran kulkas memberikan banyak manfaat dan kegunaan.Salah satunya adalah untuk menyimpan makanan sisa agar tetap awet dan bisa dikonsumsi di kemudian hari.

Namun, ternyata masih banyak orang yang belum memahami seberapa lama makanan sisa tersebut bisa disimpan di dalam kulkas.Perlu diketahui, setiap bahan makanan punya expired dates-nya masing-masing, begitu juga dengan makanan yang kita masak sendiri di rumah. 

liputan6.com

Dilansir dari Sajian Sedap, makanan rumahan justru punya masa simpan yang lebih sedikit ketimbang makanan buatan pabrik. Itu karena makanan yang kita buat biasanya telah dibiarkan di meja makan seharian dan diaduk berulang kali saat akan dikonsumsi. Walau masih tercium sedap, makanan sisa di kulkas kita mungkin sebenarnya sudah tidak layak dikonsumsi. Karena itu, kita terkadang perlu merelakan diri untuk membuang makanan sisa di kulkas yang sebenarnya sudah tidak layak dimakan.  

Makanan sisa yang kita simpan di kulkas harus sudah dihabiskan dalam jangka waktu 3-5 hari. Jangka waktu ini berlaku untuk segala jenis makanan mulai dari sup, pizza, semur, tumisan, gorengan, ayam bakar, dan lainnya. 

Namun, beberapa makanan yang menggunakan santan misalnya, hanya bisa bertahan paling lama 3 hari dalam kulkas. Setelah waktu itu, kemungkinan tubuh keracunan makanan akan semakin meningkat. Jangka waktu tersebut berlaku untuk makanan yang disimpan di kulkas suhu 1-4 derajat Celcius dalam kotak makan kedap udara. Makanan yang diletakkan begitu saja di kulkas dalam keadaan terbuka misalnya, punya jangan waktu simpan yang semakin pendek.Walau sudah disimpan di dalam kulkas, bakteri masih dapat berkembang biak namun lebih lambat kerjanya. Bakteri baru akan benar-benar mati pada suhu dibawah -5 derajat Celcius, seperti yang di freezer, karena itu makanan di freezer punya masa simpan lebih lama, sampai dengan 2 bulan.

Jadi mulai sekarang jangan simpan makanan-makanan terlalu lama ya di kulkas. 

Pilihlah layanan home care kesehatan yang tepat untuk keluarga anda tercinta. Anda dapat kunjungi Insan Medika untuk mendapatkan layanan home care terbaik.

Tag: articles

Vionita