Jangan Kupas Kulit Sayur dan Buah!

Tubuh manusia memerlukan nutrisi agar tetap sehat dan kuat setiap hari. Nutrisi tersebut bisa berasal dari sayur dan buah. Namun, tanpa disadari masih banyak diantara kita yang salah dalam memaksimalkan kebutuhan nutrisi setiap hari. Salah satunya adalah dengan mengupas kulit sayur dan buah setiap kali hendak dikonsumsi.

Ahli diet, Themis Chryssidis dari Sprout Cooking School mengatakan, di dunia ini hampir tidak ada buah ataupun sayuran yang tidak bisa di makan dengan kulitnya bahwa: "Kulit sayur dan buah memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh".

Image result for kulit buah shutterstock

http://www.metrotvnews.com

Kulit yang tidak dikupas tersebut mengandung banyak serat yang juga baik bagi pencernaan manusia. Hal tersebut merupakan sebuah keuntungan besar bagi kesehatan tubuh. 

"Serat membantu mengeluarkan kotoran di dalam tubuh. Serat juga berfungsi membantu mengurangi penyerapan kolesterol dan membantu kita tetap kenyang lebih lama. Tentunya sangat penting untuk menghemat energi dan memilihara berat badan"

Terkecuali kulit bawang putih, hampir tak ada sayuran yang perlu dikupas saat hendak di konsumsi. Bahkan wortel, lobak, kentang dan labu sekalipun justru memiliki kandungan serat yang tinggi pada kulitnya. Sementara untuk buah-buahan sendiri misalnya adalah apel, pir dan anggur.

"Kebanyakan orang kurang memiliki keterampilan dalam memotong dan mengupas sayuran, sehingga membutuhkan waktu saat memasak. Lebih mudah memasak sepotong daging dan meletakkannya diatas panggangan"

Maka menurut Chryssidis, dari pada membuang-buang waktu lebih baik tidak perlu mengupasnya.

"Jadi, lebih baik jangan mengupasnya. Lebih baik menyimpan nutrisi, jaga seratnya dan hemat waktunya. Asalkan, sayur dan buah perlu di cuci lebih bersih sebelum dimasak atau dikonsumsi"

Sementara itu, jika dilihat dari segi estetika kulit sayur dan buah yang tidak dikupas sangat baik untuk menggugah selera makan agar terlihat lebih segar. Terutama bagi yang sedang diet dan kurang menyukai sayur dan buah.

Tag: articles

Akmelia