Home » Jaga Kesehatan Dengan Lakukan Tips Ini Pasca Bencana Alam

Jaga Kesehatan Dengan Lakukan Tips Ini Pasca Bencana Alam

Belum lama ini longsor menghampiri kota Brebes. Dan jika sedang berada di tengah bencana alam, Anda dan keluarga Anda perlu selalu berusaha menjaga kesehatan diri dan keluarga. Menjaga kesehatan di tengah bencana alam memang bukan sesuatu yang mudah. Namun, menerapkan pola hidup sehat dengan segala keterbatasan yang ada merupakan hal penting.

Berikut beberapa tips menjaga kesehatan diri dan keluarga saat terjadi bencana alam:

Kebersihan

satujam.com

Menjaga kebersihan adalah yang utama saat terjadi bencana alam, apalagi bila berada di tempat tinggal sementara seperti pengungsian, bersama korban bencana lainnya. Meski berada di tengah kondisi bencana, pastikan air untuk minum adalah air bersih dan matang. Konsumsi air kotor dapat menjadi sumber berbagai penyakit, seperti diare.

Dan jangan lupa untuk membiasakan mencuci tangan setiap sebelum dan sehabis makan, sebelum dan setelah buang air, dan setelah beraktivitas yang membuat tangan menjadi kotor. Menjaga kebersihan tangan adalah salah satu cara yang mudah namun efisien untuk menurunkan risiko terjadinya penyakit.

Makanan

kata.co.id

Saat terjadi bencana, besar kemungkinan tidak banyak pilihan menu makanan. Namun, jika mungkin, pastikan makanan tetap bergizi seimbang, dimasak, serta dikemas dengan baik. Periksa pula kelayakan bahan makanan, apakah sudah kedaluarsa atau masih dalam kondisi baik.

Olahraga

hellosehat.com

Berada di tengah bencana alam bukan menjadi halangan untuk tetap aktif menggerakkan anggota tubuh, agar kesehatan tetap terjaga dengan baik. Lakukanlah olahraga-olahraga sederhana seperti peregangan tubuh dan berjalan kaki, agar sirkulasi darah tetap terjaga baik.

Istirahat dan kesehatan mental

vemale.com

Tak hanya kesehatan jasmani, kesehatan mental pun perlu diperhatikan. Saat terjadi bencana yang berat, rasa trauma dapat menyebabkan kondisi fisik ikut menurun. Begitu juga depresi akibat kehilangan harta benda atau anggota keluarga saat bencana. Depresi dan paranoia dapat mengakibatkan gangguan perilaku seperti kehilangan nafsu makan, kesulitan beristirahat dengan baik, bahkan menimbulkan gejala fisik seperti gangguan asam lambung dan sakit kepala terus-menerus. Tetaplah bersikap positif, serta tenangkan diri dan keluarga agar dapat melewati masa bencana dengan baik.

Cegah penularan dan obati segera

detikhealth

Apabila ada yang sakit, segera gunakan alat proteksi diri seperti masker untuk mencegah penularan. Kondisi tempat tinggal yang padat seperti pengungsian akan mempermudah penularan penyakit. Jika Anda sakit atau mengetahui seseorang yang sakit, segera melapor ke petugas kesehatan agar bisa diperiksa dan diobati.

Pilihlah layanan home care kesehatan yang tepat untuk keluarga anda tercinta. Anda dapat kunjungi Insan Medika untuk mendapatkan layanan home care terbaik.

Jika berada dalam kondisi sehat, Anda jangan segan untuk membantu petugas dalam membantu korban bencana alam. Tidak harus dengan melakukan hal rumit, Anda bisa melakukan hal sederhana. Misalnya membantu mendistribusikan pangan dan air, memasak makanan yang sehat dan bersih untuk konsumsi bersama, serta memberikan semangat dan penyuluhan sederhana mengenai pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *