Home ยป Istirahat 5 Menit Untuk Tidur Lebih Nyenyak Setelah Bekerja

Istirahat 5 Menit Untuk Tidur Lebih Nyenyak Setelah Bekerja

Jangan hanya karena dikejar deadline kantor atau tugas kuliah, Anda jadi melewatkan waktu istirahat. Meski kelihatannya sepele, istirahat cukup barang 5-10 menit setelah bekerja bisa membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari. Simak ulasan yang dilansir Hellosehat, selengkapnya berikut ini.

Istirahat cukup setelah bekerja bantu tidur lebih nyenyak di malam hari

Pekerjaan yang menumpuk, deadline yang semakin dekat, atau rekan kerja yang menjengkelkan bisa membuat Anda uring-uringan seharian di kantor. Tak jarang, semua hal ini pada akhirnya memupuk stres yang malah menurunkan produktivitas Anda. Tanpa disadari, stres di kantor bisa ikut terbawa sampai rumah dan bikin tidur jadi tak lelap.

Image result for istirahat yang cukup shutterstock

https://lifestyle.kompas.com

Sebelum menyalahkan si bos atau rekan kerja yang menyebalkan atas mata panda Anda, coba ingat-ingat dulu apakah Anda menyempatkan istirahat yang cukup sewaktu di kantor seharian tadi? Jika tidak, Anda sendirilah yang mungkin perlu lebih introspeksi diri. Ya. Meski terlihat sepele, menurut sebuah penelitian terbitan Journal of Occupational Health Psychology, istirahat cukup setelah bekerja bisa membuat tidur lebih nyenyak.

Teori tersebut disimpulkan setelah peneliti meminta sebanyak 700 orang peseta untuk mengisi kuesioner tentang tingkat stres mereka di kantor, seberapa sering mereka memiliki pemikiran negatif tentang pekerjaan mereka, apakah mereka mengalami insomnia, dan apakah mereka memiliki cara tersendiri untuk melepaskan penatnya di kantor. Para peneliti juga bertanya mengenai jumlah anak di rumah dengan usia di bawah 18 tahun, dan frekuensi minum alkohol yang bisa berkaitan dengan gangguan tidur.

Ungkap salah seorang peneliti, Caitlin Demsky, PhD, dari Oakland University, orang-orang yang bisa meluangkan waktu sejenak untuk melepaskan penatnya di kantor — misal dengan berjalan-jalan, mendegarkan musik, melakukan peregangan sederhana, menonton video lucu, hingga ngobrol dan tertawa sebentar dengan teman meja sebelah — bisa tidur lebih nyenyak daripada yang hanya pasrah saja dengan beban pekerjaannya. Mereka yang memaksakan terus bekerja dengan suasana hati buruk justru lebih cenderung untuk mengalami insomnia, juga mudah terbangun beberapa kali di tengah malam.

Istirahat yang cukup setelah kerja juga bantu cegah penyakit kronis

Dalam jangka panjang, stres berat terkait pekerjaan bisa berdampak negatif pada kesehatan tubuh —termasuk memicu munculnya penyakit kardiovaskular, naiknya tekanan darah, dan sindrom kelelahan kronis.

Sebuah penelitian dari Baylor University’s Hankamer School of Business di Texas yang menunjukkan bahwa pekerja kantoran yang menyempatkan istirahat cukup setelah bekerja akan jauh lebih produktif, memiliki kepuasaan kerja yang lebih tinggi, bahkan mampu mengembalikan mood yang sudah terkuras habis.

Singkatnya, selain bantu tidur nyenyak, menyempatkan istirahat yang cukup setelah bekerja bisa bantu tingkatkan produktivitas serta motivasi dan kepercayaan diri yang bisa dengan mudah memengaruhi kondisi kesehatan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *