Inilah Tanda - Tanda Saat Tubuh Dehidrasi

Inilah Tanda - Tanda Saat Tubuh Dehidrasi

Tubuh manusia terdiri dari 70 persen air yang berguna untuk mengatur suhu, melindungi persendian dan organ, serta membantu peredaran oksigen ke sel. Sedikit saja tubuh kita kekurangan air, maka tubuh akan langsung bereaksi.

Dehidrasi merupakan sebuah kondisi di mana seseorang mengalami yang namanya kehilangan cairan banyak dan bahkan lebih dari yang masuk ke dalam tubuhnya, sehingga tubuh kesulitan dalam menjalankan fungsi normalnya karena tak cukup air. Ada berbagai penyakit penyebab tubuh kita menjadi dehidrasi, baik itu demam, berkeringat yang lebih dari normalnya, muntah, maupun diare.

Berikut adalah beberapa tanda tubuh kita terkena dehidrasi : 

1.  Keringat Sedikit

Saat cuaca sedang panas dan keringat yang keluar harusnya benar-benar banyak. Ketika udara panas dan hanya sedikit keringat yang keluar dari tubuh, itu tandanya Anda sedang mengalami dehidrasi. Karena cairan di dalam tubuh tak banyak, otomatis tak banyak pula yang bisa dikeluarkan lewat keringat.

2. Kantung Mata

Dehidrasi dapat menunjukkan gejalanya melalui mata. Apabila Anda merasakan ada yang ganjil, terutama mata yang berbentuk cekung / kantung mata, ini adalah ciri dari seseorang yang tengah dehidrasi. Segera minum air putih sedikit-sedikit namun sering untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda.

3. Warna Urin

Semakin banyak minum air putih, warna urin ketika buang air kecil adalah semakin bening dan jernih. Namun efek kekurangan air putih bagi tubuh adalah warna urin yang berubah menjadi lebih gelap dan juga pekat. Anda pasti menyadarinya ketika tidak cukup banyak air yang masuk ke dalam tubuh.

4. Kepala Pusing 

Tak jarang juga penderita dehidrasi bakal merasakan pusing atau sering sakit kepala karena tak banyak cairan yang masuk ke tubuhnya. Karena cairan yang dibutuhkan tubuh untuk bekerja tak tercukupi dengan baik, efeknya pun hingga ke kepala yang menjadi cepat pusing ditambah dengan tubuh lemas.

5. Tekanan Darah Rendah

Kekurangan cairan pun rupanya dapat memicu tekanan darah rendah. Cobalah untuk secara rutin memeriksa tekanan darah Anda supaya Anda tahu apakah tekanan darah berada pada normalnya. Tekanan darah yang rendah bisa jadi Anda kurang minum air putih di mana tubuh kemudian kekurangan asupan cairan.

Nah, bila Anda sudah merasakan gejala dehidrasi ringan, pastikan Anda mengatasinya segera sebelum bertambah serius dan sulit untuk ditangani. Cegah supaya Anda tidak perlu harus dirawat di rumah sakit hanya karena kekurangan cairan. Memenuhi asupan cairan tubuh sendiri cukup mudah, jadi lakukanlah secara rutin.

Tag: articles

arif