Hindari Sakit Maag dengan Kebiasaan Ini

Dispepsia atau yang lebih sering disebut maag, adalah rasa tidak nyaman pada perut bagian atas yang timbul-tenggelam dan bisa dirasakan oleh siapa saja. Maag dialami oleh hampir 40% orang dewasa setiap tahunnya dan 10% di antaranya mencari pertolongan medis.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kambuhnya penyakit maag, namun yang paling terpenting adalah menjaga pola makanan secara teratur setiap harinya. Dengan makan teratur, maka kerja lambung juga akan stabil dan maag tidak akan kambuh. 

Berikut ini adalah beberapa cara untuk menghindari penyakit Maag :

1. Menghindari Rokok

Asap yang masuk ke dalam tubuh akibat merokok bisa meningkatkan produksi asam lambung dan jika ada luka pada lambung juga akan sangat sulit untuk disembuhkan. Langkah terbaik adalah jauhi merokok dan mulai berhenti menghisap zat nikotin mulai dari sekarang.

2. Minum Susu Kedelai

Menurut penelitian yang sudah dilakukan, ada banyak kandungan serat di dalam susu kedelai dan terbukti ampuh dalam mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti perut kembung, radang pada saluran pencernaan dan juga mencegah penyakit maag ini kambuh.

3. Hindari Makanan Mengandung Gas

Beberapa makanan yang mengandung gas seperti nangka, singkong, kol, sawi, durian serta berbagai buah yang dikeringkan juga harus dihindari penderita maag, sebab beberapa makanan ini memiliki kandungan gas yang akan membuat sakit maag kambuh secara cepat.

4. Lidah Buaya

Khasiat lidah buaya yang sangat terkenal yaitu untuk kulit dan rambut, tapi ternyata lendir pada lidah buaya juga terbukti ampuh menjadi bahan alami untuk menghindari timbulnya sakit maag. Caranya adalah dengan merebus daging lidah buaya yang mengandung lendir lalu dinginkan dan minum airnya secara rutin.

5. Alpukat

Dalam buah alpukat mengandung banyak nutrisi seperti vitamin D, vitamin A, vitamin B dan vitamin E yang sangat baik dalam pencegahan sakit maag.  Minumlah jus alpukat murni tanpa tambahan gula secara rutin yang akan membuat anda terbebas dari sakit maag.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda terapkan untuk mencegah sakit Maag. Pencegahan sakit maag sebetulnya cukup mudah dilakukan, asalkan anda melakukannya secara teratur dan konsisten serta menjauhi beberapa makanan penyebab naiknya asam lambung. 

Tidak jarang penderita Maag akut yang masuk ke UGD untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik. Jika sudah begini, Anda harus rawat inap di rumah sakit. Oleh sebab itu, Insan Medika menyediakan perawat yang berkualitas yang dapat merawat Anda di rumah selama 24 jam selayaknya Anda berada di rumah sakit. 

Butuh Home Care? Ingat Insan Medika

Tag: articles

arif