Hal Inilah Yang Terjadi Dalam Tubuh Anda Ketika Anda Terlalu Lama Duduk

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa duduk dalam jangka waktu yang lama akan mendatangkan sejumlah masalah kesehatan, termasuk obesitas dan sindrom metabolic. peningkatan tekanan darah, gula darah tinggi, lemak tubuh berlebih di sekitar pinggang dan tingkat kolesterol abnormal. Terlalu banyak duduk juga nampak meningkatkan resiko kematian akibat penyakit kardiovaskular dan kanker.


Dr. Jams Levine dari Arizona State University Obesitu Initiative mengatakan "Ketika anda sudah duduk untuk jangka waktu yang lama dan kemudian bangun, sejumlah molekular terjadi. Misalnua dalam waktu 90 detik setelah berdiri, sistem otot dan sel yang memproses gula darah, trigliserida dan kolesterol dimana proses ini memerlukan banyak insulun". Berikut adalah hal apa saja yang terjadi dalam tubuh ketika anda terlalu lama duduk


  • Kerusakan Organ:

  • Jantung: saat anda duduk, darah mengaluir lebih lambat dan otot membakar lebih sedikit lemak, yang akan mempermudah asam lemak menyumbat jantung anda. Penelitian yang diterbitkan dalam journal of American College of Cardiolog, menunjukan bahwa wanita yang duduk selama 10 atau lebih dari 1 jam sehari mungkin memiliki resiko lebih tinggi terkena penyakit jantung daripada mereka yang duduk selama lima jam atau kurang.
    Pankreas: Kemampuan tubuh anda untuk merespon insulin dipengaruhi oleh hanya satu hari kelebihan duduk saja akan menyebabkan pankreas anda menghasilkan insulin dalam jumlah banyak hal ini akan menjadi cikal bakal terjadinya diabetes dan penyakit jantung.
    Kanker Usus Besar: Kelebihan duduk dapat meningkatkan resiko kanker usus besar, kanker payudara dan endometrium. Mekanismenya tidak diketahui secara pasti, namun bisa jadi karena produksi insulin berlebih.
    pencernaan: Duduk setelah anda makan akan memperlambat pencernaan. lambatnya pencernaan dapat menyebabkan kram, kembung, dan sakit magh, suatu kondisi yang disebabkan oleh ketidakseimbangan mikroba di dalam tubuh anda
    Kerusakan otak: Fungsi otak anda melambat saat tubuh anda tidak banyak bergerak dalam jangka waktu yang lama. Otak anda akan mendapatkan lebih sedikit darah dan oksigen segar dimana itullah yang dibutuhkan untuk memicu pelepasan bahan kimia di dalam otak dan peningkatan mood.
  • permasalahan dalam postur

  • Tegangnya leher dan bahu yang diakibatkan menahan leher dan kepala ke depan saat bekerja di depan komputer atau ketika sedang menelefon. Hal ini dapat menyebabkan ketegangan pada vertebra serviks yang dapat mengakibatkan rasa pegal pada leher, bahu dan punggung.
    Sakit punggung: Duduk memberi tekanan pada tulang belakang anda dibandingkan berdiri. diperkirakan 40% orang dengan nyeri punggung dikarenakan mereka menghabiskan waktunya dengan duduk di depan komputer.
    Masalah di pinggul: rentang gerak pinggul menjadi terbatas karena jarang digunakan, Apabila ini terjadi pada orang tua, penurunan mobilitas pinggul seperti inilah penyebab utama merka terjatuh.
  • gangguan Pada kaki

  • Varises Vena: duduk menyebabkan sirkulasi yang buruk di kaki anda yang dimana hal itu dapat mengakibatkan pembengkakan pada pergelangan kaki, varises dan bekuan darah yang biasa disebut DVT atau Deep Vein Thrombosis
    tulang menjadi lemah: Berjalan, berlari dan terlibat dalam akitvitas menahan beban akan menyebabkan tulang lebih kuat dan lebih rapat. Kurangnya aktivitas dapat menyebabkan tulang lemah dan bahkan mengakibatkan osteoporosis.

oleh karena itu perbanyaklah anda melakukan hal yang lebih aktif misalnya dengan memilih menaiki tangga dibandingkan lift sehingga waktu gerak anda lebih banyak dibanding duduk berdiam diri

Tag: articles

rahardian