Gejala Difteri: Anda Perlu Waspada!

Difteri adalah infeksi menular yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium. Penyakit ini banyak ditemui di negara-negara berkembang seperti Indonesia, di mana angka vaksinasi masih rendah. Kondisi ini dapat terjadi pada pasien dengan usia berapapun.

Yang menyebabkan adanya penyakit ini, jika Anda menghirup partikel udara dari batuk atau bersin orang yang terinfeksi, Anda dapat terkena difteri. Cara ini sangat efektif untuk menyebarkan penyakit, terutama pada tempat yang ramai.

Image result for penyakit partikel udara shutterstock

https://cantik.tempo.co/read

Penyebab lainnya adalah kontak dengan benda-benda pribadi yang terkontaminasi. Anda dapat terkena difteri dengan memegang tisu bekas orang yang terinfeksi, minum dari gelas yang belum dicuci, atau kontak sejenisnya dengan benda-benda yang membawa bakteri. Pada kasus yang langka, difteri menyebar pada peralatan rumah tangga yang digunakan bersama, seperti handuk atau mainan.

Image result for waspada bakteri shutterstock

https://parenting.dream.co.id/diy

Penyakit ini umumnya memiliki masa inkubasi atau rentang waktu sejak bakteri masuk ke tubuh sampai gejala muncul 2 hingga 5 hari. Walau bakteri penyakit tersebut dapat menyerang jaringan apa saja pada tubuh, tanda-tanda yang paling menonjol adalah pada tenggorokan dan mulut. Tanda-tanda dan gejala umum dari difteri yang dilansir hallosehat.com adalah:

Image result for gejala difteri shutterstock

https://yukk.co.id/blog/

- Tenggorokan dilapisi selaput tebal berwarna abu-abu

- Radang tenggorokan dan serak

- Pembengkakan kelenjar pada leher

- Masalah pernapasan dan saat menelan

- Cairan pada hidung, ngiler

- Demam dan menggigil

- Batuk yang keras

- Perasaan tidak nyaman

- Perubahan pada penglihatan

- Bicara yang melantur

- Tanda-tanda shock, seperti kulit yang pucat dan dingin, berkeringat dan jantung berdebar cepat.

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Untuk memiliki layanan home care kesehatan, Anda dapat kunjungi website kami dan Anda juga bisa mengandalkan aplikasi Insan Medika yang dapat diunduh di Google Play. Insan Medika adalah perusahaan agency perawat home care terpercaya di Indonesia. Menghadirkan layanan medis dengan pemasangan alat yang didukung oleh staff perawat profesional dan layanan non medis untuk perawatan lansia.

Tag: articles