Frozen Yogurt vs Es Krim, Mana Yang Lebih Sehat?

Es krim adalah kudapan manis yang jadi favorit banyak orang, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Dengan rasanya yang manis, tekstur yang lembut, dan sensasi dingin, es krim adalah pilihan yang tepat jika cuaca sedang terasa sangat panas. Sayangnya, banyak orang terpaksa menghindari es krim karena kandungan gula dan lemaknya.

Image result for es krim shutterstock

https://magazine.job-like.com

Kemunculan frozen yogurt (fro-yo) atau yogurt beku tampaknya menjawab permasalahan ini. Dengan tekstur dan rasa yang mirip dengan es krim, frozen yogurt menawarkan kandungan kalori dan lemak yang lebih sedikit. Namun, apakah itu berarti frozen yogurt lebih sehat bagi tubuh Anda jika dibandingkan dengan es krim? Benarkah kandungan kalori dan lemak dalam frozen yogurt lebih sedikit dari es krim? Seperti yang dilansir hellosehat, yuk kita lanjut baca infonya di bawah ini!

Image result for fro yo shutterstock

http://blog.iccadubai.ae

Apa bedanya es krim dengan frozen yogurt?

Es krim dan frozen yogurt adalah produk turunan susu yang kaya akan kalsium. Es krim dibuat dengan cara mencampur susu, krim, gula, dan perasa. Kemudian bahan-bahan ini akan diolah hingga teksturnya membeku tapi tetap lembut seperti busa yang padat. Sementara itu, frozen yogurt dibuat dari hasil fermentasi susu (tanpa krim) yang dicampur dengan gula dan susu sampai teksturnya menyerupai krim yang lembut dan padat. Terkadang, frozen yogurt juga akan diberi tambahan perasa buah-buahan. Karena tidak menggunakan krim, frozen yogurt memiliki kandungan lemak yang lebih rendah dari es krim.

Lebih sehat frozen yogurt atau es krim?

Kandungan nutrisi yang terdapat pada frozen yogurt dan es krim memang tidak jauh berbeda satu sama lain. Namun, kalau Anda ingin menjaga nutrisi yang seimbang, tak ada salahnya sesekali mengganti es krim favorit Anda jadi frozen yogurt yang segar.  

Tips menikmati kudapan dingin pilihan Anda

Untuk memilih camilan secara bijak, perhatikan nutrisi apa yang paling dibutuhkan tubuh Anda dan kandungan apa yang perlu Anda hindari. Misalnya, Anda tidak boleh mengomsumsi gula terlalu banyak, Anda bisa memilih frozen yogurt tanpa gula karena biasanya jarang sekali ada es krim yang menawarkan pilihan bebas gula. Namun, Anda perlu memerhatikan pilihan topping Anda. Hindari topping frozen yogurt yang mengandung pemanis tambahan seperti marshmallow atau meises, lebih baik Anda memilih buah-buahan asli.

Image result for fro yo shutterstock

http://greenpearevolution.com

Saat menikmati kudapan dingin Anda, sebaiknya Anda tidak terburu-buru karena selain dapat membahayakan gigi sensitif, menikmati es krim atau frozen yogurt pelan-pelan juga bisa membatasi porsi Anda sehingga tidak berlebihan dan Anda pun bisa tetap menjaga nutrisi bagi tubuh sambil memuaskan selera.

Untuk memiliki layanan home care kesehatan, Anda dapat kunjungi website kami dan Anda juga bisa mengandalkan aplikasi Insan Medika yang dapat diunduh di Google Play. Insan Medika adalah perusahaan agency perawat home care terpercaya di Indonesia. Menghadirkan layanan medis dengan pemasangan alat yang didukung oleh staff perawat profesional dan layanan non medis untuk perawatan lansia dan baby sitter.

Tag: articles

Akmelia