Efek Buruk Meminum Teh Susu

Minuman teh susu sudah menjadi minuman tradisi di Indonesia. Minuman Teh yang memiliki senyawa yang baik bagi kesehatan, begitu pula dengan susu yang kaya nutrisi untuk menunjang kesehatan tubuh sehari hari. Oleh karena itu banyak yang beranggapan bahwa minuman teh dan susu dinilai sebagai minuman super sehat karena keduanya dinilai dapat meningkatkan kualitas nutrisinya. 

Namun pada kenyataannya tidak demikian. Kandungan zat protein dan kalsium tinggi yang ada pada susu justru menurunkan dan menghilangkan manfaat dari senyawa teh. Dan hanya akan membuat efek buruk bagi kesehatan kita. 

Berikut adalah beberapa bahaya yang disebabkan oleh teh susu : 

1. Pembentukan Batu Ginjal

Kandungan kalsium dan protein yang ada pada susu dapat berubah menjadi racun dan memicu pembentukan batu ginjal dalam urin. Sehingga menyebabkan seseorang kesulitan buang air kecil. Menderita kerusakan ginjal dan menderita nyeri dibagian perut secara berkesinambungan.

2. Merusak Daya Tahan Tubuh

Kandungan protein tinggi pada susu yang mencemari minuman teh yang mengandung cafein dapat merusak fungsi imunitas atau daya tahan tubuh, sehingga menyebabkan seseorang mudah terserang kelelahan dan mudah terserang flu atau masuk angin.

3. Serangan Radikal Bebas

Zat antioksidan pada teh dapat berkurang dan bahkan hilang jika digabungkan dengan susu. Pada akhirnya minuman teh tersebut tidak memiliki keistimewaan untuk bertindak sebagai antioksidan kuat yang mampu mengendalikan bahaya serangan radikal bebas termasuk debu, sinar matahari dan asap terhadap tubuh.

4. Sulit Menurunkan Berat Badan

Zat Catechin yang ada pada teh hijau sangat ampuh dalam mengatasi kelebihan berat badan. Namun ketika dicampurkan dengan susu maka fungsi zat catching akan kehilangan kemampuannya untuk memecah lemak dalam tubuh. Akibatnya kita akan sulit untuk menurunkan berat badan.

5. Serangan Jantung Mendadak

Keistimewaan zat catechin yang terkandung dalam teh, yaitu mampu melindungi jantung dari berbagai masalah seperti mencegah serangan jantung mendadak. Namun minuman teh yang dicampur susu justru bisa mengakibatkan serangan jantung mendadak.

Jadi jika Anda sering minum teh susu, mulai sekarang harus menghindarinya karena manfaat teh dan susu yang hilang jika dicampurkan satu sama lain. Terlebih lagi malah mendatangkan efek buruk bagi kesehatan Anda. Sebaiknya minum teh dan susu secara terpisah agar nutrisinya dapat diserap dengan baik oleh tubuh Anda. 

Tag: articles

arif