Delapan Cara Sederhana Deteksi Gejala Prediabetes 

Prediabetes, atau penanda awal diabetes, adalah kondisi di mana kadar gula darah berada di atas ambang batas normal. Dalam hal ini, prediabetes punya peluang besar untuk berkembang jadi diabetes tipe II. Biasanya, gejala prediabetes sulit diidentifikasi, karena menyerupai gejala penyakit umum lainnya.

Normalnya, kadar gula dalam darah kurang dari 100 mg/dL. Pada penderita prediabetes, kadar gula dalam darah antara 100mg/dL dan 125 mg/dL. Pada tahap ini, orang sangat beresiko terkena diabetes.

Tidak ada gejala spesifik yang mengarah pada prediabetes. Cek gula darah secara rutin sangat penting untuk mendeteksi prediabetes sejak dini. Hal yang paling buruk adalah tidak ada gejala prediabetes yang benar-benar terlihat.

Selain mencegah diabetes, deteksi dan pengobatan prediabetes bisa mencegah penyakit lain seperti serangan jantung dan stroke. Berikut beberapa gejala prediabetes seperti dilansir dari Bold Sky.

1. Rasa Haus Berlebih

Image result for thirsty

fustany.com

Orang yang terkena prediabetes akan merasa haus lebih dari biasanya. Pada dehidrasi, hal ini normal. Rasa haus berlebih ini akan hilang ketika minum. 

2. Lebih Sering Buang Air Kecil

Related image

asriran.com

Sering buang air kecil bisa menunjukkan beberapa masalah kesehatan, termasuk masalah ginjal. Tapi ketika sering buang air kecil dan kuantitas urin lebih banyak dari biasanya, kemungkinan ini gejala diabetes tipe II.

3. Gangguan Penglihatan

Image result for gangguan penglihatan

tabloidbintang.com

Gangguan penglihatan dialami mereka yang terkena prediabetes. Ketajaman penglihatan berkurang, objek yang dilihat tidak begitu fokus dan berkabut.

4. Radang Gusi

Related image

sindonews.net

Radang gusi kadang terjadi saat orang terkena prediabetes. Sistem imun tubuh terganggu, sehingga sulit bagi tubuh untuk melawan bakteri penyebab radang. 

5. Muncul Flek Hitam

Image result for flek hitam

cloudfront.net

Gejala lainnya nampak pada kulit. Kulit penderita prediabetes akan menghitam pada area tertentu, khususnya pada area lipatan-lipatan. Area lipatan kulit ini seperti pada leher, ketiak, siku, lutut dan ruas-ruas jari.

6. Berat Badan Turun

Image result for penurunan berat badan

blogspot.com

Ketika gula darah tidak bisa menjadi energi, cadangan lemak akan digunakan tubuh sebagai sumber energi. Akibatnya, bobot tubuh mendadak turun tanpa disadari. Gejala ini pantas dicurigai sebagai gejala prediabetes.

7. Luka Tak Kunjung Sembuh

Image result for luka di kaki

cloudinary.com

Gangguan sistem imun dan sedikit darah yang mengalir pada anggota tubuh mengakibatkan lambatnya penyembuhan luka. Orang patut curiga akan penyakit prediabetes dan perlu konsultasi ke dokter.

8. Rasa Lelah Luar Biasa

Related image

mstranslate.com.au

Pada tahap prediabetes, akan ada sirkulasi gula dalam tubuh. Tapi gula tidak bisa berubah menjadi energi karena resistensi insulin. Akibatnya, orang akan merasakan rasa lelah ekstrim, yane mana gelaja ini jadi gejala utama prediabetes.

Insan Medika merupakan provider homecare dan caregiver terbaik dan terpercaya. Segera temukan perawat professional pilihan Insan Medika dengan mengunjungi website kami.

Tag: articles

Chintya