Ciri - Ciri Terkena Darah Tinggi

Ciri - Ciri Terkena Darah Tinggi

Penyakit darah tinggi atau disebut juga dengan hipertensi merupakan salah satu masalah kesehatan yang di akibatkan oleh terjadinya peningkatan tekanan pada pembuluh darah. Tekanan darah normal adalah 120/80 mmHg dan 139/89 mmHg sudah dianggap tinggi dan di sebut hipertensi.

Kondisi ini dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung, penyakit ginjal, pengerasan atau kerusakan penggumpalah dari pembuluh darah. Kerusakan mata dan stroke atau kerusakan pada otak. 

Berikut adalah ciri - ciri orang terkena darah tinggi : 

1. Sakit Kepala atau Pusing

Sakit kepala atau pusing adalah ciri-ciri yang paling umum yang sering dialami oleh penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, terlebih lagi jika penderita memiliki tekanan yang terlampau tinggi. Namun sakit kepala sering kali tidak disadari sebagai ciri-ciri darah tinggi.

2. Terdapat Titik Darah Pada Mata

Jika kita melihat adanya titik darah pada bagian mata maka hendaklah periksakan tekanan darah. Hal ini adalah salah satu ciri-ciri dari hipertensi atau tekanan darah tinggi.

3. Mati Rasa dan Kesemutan

Semakin meningkatnya taraf hipertensi pada pasien, maka akan mengakibatkan mati rasa dan kesemutan. Jika hal ini terjadi maka tingkatkanlah kewaspadaan dan segerlah lakukan tindakan medis, karen ini merupakan gejala awal stroke yang disebabkan oleh hipertensi.

4. Mual dan Muntah

Mual dan muntah telah menjadi gejala umum bagi penyakit-penyakit lain. Namun yang perlu kita ketahui bahwa mual dan muntah yang terjadi bisa dikarenakan tekanan darah tinggi, biasanya disertai juga dengan pandangan yang berkunang-kunang dan napas yang dangkal dan cepat.

5. Mimisan

Mimisan juga merupakan salah satu ciri-ciri dari hipertensi, oleh sebab itu jangan abaikan jika terjadi mimisan. Bahkan tidak jarang penyebab mimisan salah satunya adalah karena darah itnggi.

Tadi adalah beberapa ciri - ciri orang yang memiliki darah tinggi, jika anda memiliki gejala seperti di atas bisa jadi anda mempunyai darah tinggi. Darah Tinggi jika tidak ditangain dengan baik akan mengakibatkan penyakit yang fatal, stroke contohnya. Insan Medika mempunyai perawat yang berkualitas yang dapat menemani penderita darah tinggi di rumah anda. Jika anda mempunyai keluarga yang sedang mengidap penyakit ini dan tidak dapat menemaninya karena sibuk bekerja, Perawat dari Insan Medika adalah pilihan yang tepat untuk anda. Mereka akan menjaga, merawat, dan menemani keluarga anda yang sedang sakit selama 24 jam. 

Tag: articles

arif