Cegah Pikun dengan Rock Balancing

Menyusun batu atau yang disebut sebagai rock balancing adalah hobi yang lagi diperbincangkan beberapa pekan ini. Pakar mengatakan menyusun batu-batu menjadi susunan indah dan menarik punya manfaat bagi kesehatan otak. Kegiatan menyusun batu menjadi indah dan menarik ini juga menenangkan, dan disebut punya manfaat mirip yoga.

Wood, Wooden, Rock, Balance

Mengutip dari detikHealth, dr Frandy Susatia, SpS, dari RS Siloam Kebon Jeruk, mengatakan menyusun batu mirip dengan kegiatan bermain lego pada anak-anak. Prosesnya membutuhkan kesabaran dan konsentrasi tinggi, dan bisa melatih otak untuk mencegah terjadinya penurunan fungsi kognitif serta pikun.

  • Bagian otak kanan berfungsi lebih banyak dalam hal seni. Untuk rock balancing, seni di sini adalah kemampuan untuk berimajinasi dan menyusun batu menjadi seindah dan semenarik mungkin.

Image result for latihan otak shutterstock

http://www.klikdokter.com

  • Sementara itu, otak kiri berhubungan dengan kemampuan motorik. Kemampuan motorik terdiri dari motorik halus dan motorik kasar. Nah, rock balancing mampu melatih kedua jenis motorik tersebut.

Hal ini juga bermanfaat bagi pengidap tremor (tangan bergetar). Rock balancing bisa membantu pengidap tremor untuk melatih kontrol tangannya, sekaligus melatih kesabaran dan konsentrasi.

Related image

https://www.shutterstock.com

Jadi, ini hobi yang baik karena bisa bermanfaat bagi kesehatan otak. Yuk coba menjaga kesehatan otak dengan rock balancing!

Untuk memiliki layanan home care kesehatan, Anda dapat kunjungi website kami dan Anda juga bisa mengandalkan aplikasi Insan Medika yang dapat diunduh di Google Play. Insan Medika adalah perusahaan agency perawat home care terpercaya di Indonesia. Menghadirkan layanan medis dengan pemasangan alat yang didukung oleh staff perawat profesional dan layanan non medis untuk perawatan lansia dan baby sitter.

Tag: articles

Akmelia