Cara Mudah untuk Menghilangkan Gigi Sensitif

Rasa ngilu di gigi sangatlah mengganggu, terutama ketika kita makan atau meminum minuman yang dingin. Ngilu di gigi dapat disebabkan oleh gigi berlubang. Jika karena gigi berlubang, maka gigi tersebut harus ditambal agar lubang tidak bertambah besar. Namun, kebanyakan kasus gigi ngilu ini disebabkan oleh gigi sensitif.

Faktor penyebab gigi sensitif adalah penipisan email gigi sehingga dentin (lapisan tengah gigi) akan terbuka. Di dalam dentin terdapat tabula yang terkoneksi dengan ujung saraf yang dipenuhi dengan cairan. Ketika dentin terbuka, maka rangsangan dari makanan dan minuman panas, dingin, manis, maupun asam, akan mengenai cairan di ujung saraf tersebut. Pergerakan cairan ini dapat mengaktifkan saraf sehingga berimbas pada rasa ngilu di gigi.

Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi gigi ngilu/sensitif : 

1. Es Batu

Rasa dingin dari es batu ini dapat membius saraf secara alami sehingga saraf tersebut akan kebal dan rasa sakitnya akan menghilang. Cara penggunaan es batu untuk mengompres gigi ngilu, dengan menempatkan es batu di dalam handuk. Kemudian, tempelkan handuk di bagian luar gigi yang ngilu. Akan tetapi, cara ini hanya bersifat sementara saja. Anda tetap harus mencari cara lain untuk mengatasi gigi ngilu.

2. Kurangi Minuman Bersoda

Minuman bersoda bersifat asam. Karena sifat asam inilah minuman bersoda sangat berpotensi mengikis email gigi. Penderita gigi sensitif wajib mengurangi konsumsi minuman ini agar tidak menimbulkan rasa ngilu.

3. Susu Sapi

Gigi sensitif disebakan karena email yang terkikis atau rusak. Dengan meminum segelas susu sapi murni sebelum tidur Anda dapat membantu proses perbaikan email gigi yang menipis atau rusak. Namun, hindari konsumsi susu sapi kemasan karena umumnya produk tersebut sudah ditambahkan pemanis yang dapat membuat gigi jadi berlubang. Minumlah susu sapi murni tanpa pemanis untuk mengatasi rasa ngilu karena gigi sensitif.

4. Bawang Merah dan Bawang Putih

Cara mengatasi gigi ngilu ini memang sedikit ekstrem. Karena, Anda harus mengunyah bawang merah dan bawang putih mentah. Kedua bawang ini memiliki rasa yang tidak enak saat mentah. Namun, cairan dalam bawang merah dan bawang putih mengandung enzim yang ampuh untuk membunuh bakteri penyebab ngilu di gigi.

5. Pasta Gigi Khusus Gigi Sensitif

Sekarang sangat mudah untuk menemukan pasta gigi yang dirancang khusus untuk gigi sensitif. Pasta gigi ini memang diformulasikan untuk meredakan gejala gigi sensitif, seperti gigi ngilu. Ciri umum dari pasta gigi sensitif ini adalah busanya tidak terlalu banyak jika dibandingkan dengan pasta gigi biasa.

Tadi adalah beberapa cara mudah untuk menghilangkan gigi ngilu/sensitif. Jika penyebab gigi ngilu Anda karena memakai behel, disarankan untuk konsultasi ke dokter gigi Anda. 
 

Tag: articles

arif