Cara Belajar Terbaik Secara Ilmiah untuk Hadapi Ujian

Belajar tak melulu harus berdiam diri di kamar sambil membaca buku atau mengerjakan soal-soal. Penelitian menunjukkan terdapat beberapa cara yang justru terbukti lebih efektif dalam belajar.

Cara-cara ini bisa digunakan sebagai metode belajar jelang menghadapi berbagai macam ujian mulai dari ujian nasional (UN), Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2018 Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN), tes kerja, hingga kenaikan pangkat. 

Mengutip berbagai sumber, berikut beberapa cara belajar terbaik yang terbukti secara ilmiah.

1. Belajar Saat Lelah

Boleh jadi ini terdengar tak masuk akal. Namun, belajar di saat lelah tepat sebelum tidur justru membuat otak dapat mengingat lebih baik. Hal ini terjadi lantaran ketika tidur, otak bekerja menyimpan memori dengan baik.

Hasilnya, belajar di saat lelah sebelum tidur terbukti efektif dalam mengingat materi pelajaran.

2. Mendengar Musik

Penelitan dari School of Medicine Stanford University menunjakkan belajar sambil mendengar musik yang syahdu dan menenangkan terbukti dapat meningkatkan kemampuan otak lebih fokus. Otak juga mampu membuat prediksi dengan lebih baik.

Selain itu, secara psikologis musik dapat meningkatkan suasana hati dalam belajar hal-hal yang cenderung rumit.

3. Membuat Hubungan

Sebuah studi menemukan perbedaan antara orang yang belajar cepat dengan yang lambat. Perbedaannya terletak pada cara menghubungkan informasi.

Orang yang belajar lambat cenderung hanya menerima dan berusaha mengingat informasi. Sedangkan orang yang belajar dengan cepat menghubungan informasi itu satu sama lain. Cara ini membuat pelajaran lebih mudah dipahami.

Hal ini juga bisa dilakukan dengan membuat peta hubungan informasi atau dikenal dengan istilah mind mapping.

4. Mengubah Pandangan

Belajar tak harus di ruang kelas, perpustakaan atau di kamar saja. Mengganti suasana pandangan justru dapat meningkatkan kemampuan otak dan konsentrasi.

Psikolog UCLA Robert Bjork seperti dikutip dari The Best College menyebut menukar suasana atau lokasi belajar dapat meningkatkan efektivitas belajar. Cara ini akan lebih efektif jika belajar di alam atau ruangan terbuka lainnya.

5. Berolahraga Terlebih Dahulu

New York Times melaporkan bahwa kekuatan otak terbukti meningkat setelah berolahraga singkat. Hal ini terjadi karena olahraga dapat memompa oksigen dan nutrisi sampai ke otak sehingga otak bekerja maksimal.

Berkeringat sebelum belajar juga dapat membuat otak lebih terbuka terhadap informasi baru.

Insan Medika merupakan provider homecare dan caregiver terbaik dan terpercaya. Segera temukan perawat professional pilihan Insan Medika dengan mengunjungi website kami.

Tag: articles

Chintya