Buat Pengguna Softlens, Perhatikan Hal Ini Agar Mata Selalu Sehat & Aman

Memakai softlens atau lensa kontak saat ini sudah menjadi tren tersendiri di kalangan masyarakat. Tak hanya menambah rasa percaya diri para penggunanya, softlens juga sebagai alat bantu penglihatan yang cukup efisien dan tidak seribet penggunaan kaca mata. 

Bagi beberapa orang yang menginginkan penampilan makin menawan dan mengesankan, softlens nampaknya telah menjadi benda wajib yang harus dipakai setiap hari. Namun nih ya, bagi kamu yang juga menjadikan softlens sebagai benda wajib pakai di kehidupan sehari-hari, usahakan agar senantiasa hati-hati dalam menggunakannya. 

Penggunaan softlens terlalu lama dan tidak mengetahui tata cara penggunaannya, ini bisa berakibat fatal buat kesehatan maupun kecantikan mata. Buat kamu pengguna softlens, agar mata selalu sehat dan aman, perhatikan beberapa hal berikut ini. 

Ketahui Masa Kedaluwarsa Softlens
Umumnya, di kotak softlens ada masa kedaluwarsa softlens. Untuk itu, perhatikan baik-baik kapan masa kedaluwarsa yang kamu gunakan dan ketahui kapan saatnya kamu softlens baru. Softlens yang telah kedaluwarsa dikhawatirkan akan berbahaya buat kesehatan serta kecantikan mata. 

1. Lepas Softlens Saat Tidur

Pastikan untuk melepas softlens sebelum tidur. Memakai softlens saat tidur bisa sangat berbahaya. Bahaya tersebut mulai dari mata mengalami iritasi, mata infeksi hingga risiko kebutaan. Selelah apapun kamu saat malam, pastikan untuk melepas softlens sebelum tidur.

2. Simpan Softlens di Tempat Bersih

Selalu usahakan untuk menyimpan soflens di tempat yang bersih dan aman. Hindarkan softlens terkena debu atau kotoran lain. Kotoran pada softlens bisa berdampak buruk buat kesehatan serta kecantikan mata. 

3. Cuci Softlens Sebelum dan Sesudah Dipakai

Disarankan agar kamu mencuci softlens yang hendak maupun telah dipakai dengan cairan khusus mencuci softlens. Langkah ini dilakukan demi menjaga kebersihan dan kesehatan softlens yang kamu miliki. 

4. Hindari Memakai Softlens Terlalu Lama

Meski dengan memakai softlens kamu akan merasa lebih percaya diri, nyaman dan mengesankan, usahakan agar tidak memakai softlens dalam waktu lama. Gunakan softlens sesuai kebutuhan. Memakai softlens terlalu lama akan membuat mata sulit bernafas dan rentan terhadap berbagai masalah. (vemale.com)

Insan Medika merupakan provider homecare dan caregiver terbaik dan terpercaya. Segera temukan perawat professional pilihan Insan Medika dengan mengunjungi website kami.

Tag: articles

Chintya