Benarkah Susu Bisa Mencegah Risiko Osteoporosis?

Sejak zaman dahulu susu seringkali dikaitkan dengan kalsium dan kesehatan tulang. Susu dianggap sebagai sumber kalsium yang paling besar dan membantu menguatkan tulang serta mencegah osteoporosis. Namun benarkah susu merupakan sumber terbaik dari kalsium dan bisa mencegah osteoporosis? Jangan yakin dulu.

Dr Nandita Shah dari SHARAN India menjelaskan bagaimana manfaat susu yang berkaitan dengan kalsium dan tulang seringkali dibesar-besarkan. Menurutnya, banyak orang yang rajin mengonsumsi susu namun masih mengalami osteoporosis. Jika susu memang sumber kalsium terbaik dan bisa mencegah osteoporosis, mengapa orang yang mengonsumsinya selama satu tahun lebih masih mengalami osteoporosis?

Orang yang mengalami osteoporosis biasanya disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak produk susu, tablet kalsium, vitamin D, dan berolahraga. Namun kebanyakan dari mereka tak membaik. Mengapa, karena kebanyakan orang tak mengetahui bahwa osteoporosis tidak disebabkan oleh kurangnya konsumsi kalsium, melainkan hilangnya kalsium dari dalam tubuh.

Tubuh kita bersifat alkaline. Setiap kali kita mengonsumsi sesuatu yang bersifat asam, hal tersebut akan menyerap kalsium dari tulang dan menetralisirnya. Dengan begitu kita telah kehilangan kalsium. Susu dan makanan yang mengandung protein tinggi bersifat asam pada tubuh, sehingga bisa menyerap kalsium dari tulang. Inilah yang tak banyak diketahui oleh orang tentang osteoporosis, seperti dilansir oleh Health Site.

Berikut adalah beberapa makanan yang bisa menyebabkan asam dalam tubuh dan menyerap kalsium dari tulang, termasuk susu:
- ikan
- ayam
- teh
- soda
- kopi
- gula
- telur
- keju
- garam
- alkohol

Lantas bagaimana cara mencegah osteoporosis tanpa mengandalkan susu? Ada banyak makanan yang mengandung kalsium dan tak akan menyerap kalsium dari tulang. Salah satunya adalah wijen. Wijen mengandung kalsium 10 kali lebih banyak dibandingkan susu. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi beberapa makanan berikut ini:

- ASI
- almond
- aprikot kering
- sayuran bit
- selada air
- hazelnut
- kale
- selada
- buah tin

Itulah beberapa makanan yang bisa membantumu untuk memenuhi kebutuhan kalsium. Jangan hanya andalkan susu karena susu juga bisa menyerap kalsium dan menggerogoti tulang serta menyebabkan osteoporosis.

Insan Medika merupakan provider homecare dan caregiver terbaik dan terpercaya. Segera temukan perawat professional pilihan Insan Medika dengan mengunjungi website kami.

Tag: articles

Chintya