Bekal Makanan yang Baik untuk Naik Gunung

Naik Gunung salah satu hobi yang sedang trend dikalangan anak muda sekarang. Pemandangan yang bagus, udara yang segar, berkumpul bareng teman-teman dan tentunya menyehatkan karena keringat yang mengucur keluar saat mendaki adalah salah satu olahraga yang baik bagi tubuh.

Tapi harus perhatikan dalam mendaki gunung, persiapan Anda tidak boleh sembarangan. Salah satu faktor yang memegang peranan penting dan menjadi penentu kekuatan Anda untuk bisa mencapai puncak adalah bekal makanan. Ada 4 unsur yang tidak boleh dilupakan dalam perbekalan, yaitu karbohidrat, protein, vitamin dan gula.

Berikut adalah makanan yang baik sebagai bekal naik gunung Anda :

1. Oatmeal atau Sereal

Oatmeal atau sereal adalah solusi terbaik bagi Anda. Oatmeal lebih praktis dan ringan, kandungan karbohidrat dalam oatmeal dan sereal setara dengan kandungan karbohidrat yang terdapat dalam nasi sehingga asupan kalori yang dibutuhkan tetap dapat terpenuhi. Selain karbohidrat, oatmeal atau sereal mengandung protein, lemak, zat besi, vitamin dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh.

2. Madu

Tak hanya manis dan lezat, madu juga kaya akan kalsium, kalium dan zat besi yang dapat menguatkan otot tubuh sehingga dengan memakannya, tubuh akan menjadi lebih bertenaga. Selain itu madu juga bermanfaat untu menjaga kondisi tubuh untuk tetap sehat pada kondisi cuaca gunung yang seringkali sulit untuk diprediksi.

3. Abon

Meskipun karbohidrat sangat penting bagi tubuh saat melakukan pendakian, namun Anda tidak boleh melupakan salah satu hal yang tidak kalah penting yaitu protein. Pilihlah makanan yang mengandung protein dan ptraktis dikemas dalam ransel, seperti abon dan sosis.

4. Cokelat

Senyawa phenethylamine yang terdapat dalam cokelat dapat membantu untuk menaikan hormon endorfin dalam tubuh. Hormon ini sangat dibutuhkan oleh para pendaki agar tidak mudah kehabisan tenaga. Cokelat juga merupakan makanan yang praktis pengemasannya, sehingga Anda bisa selalu menyelipkannya di kantong-kantong celana atau tas ransel.

5. Buah

Vitamin, serat dan air yang terdapat dalam buah dapat meningkatkan vitalitas tubuh serta menjaga tubuh dari dehidrasi? jadi buah adalah pilihan yang tepat untuk mendaki. Karena Anda harus secara bijak dalam menggunakan pembekalan air namun Anda juga tidak boleh membiarkan tubuh kekurangan cairan hingga mengalami dehidrasi.

Nah tadi adalah beberapa makanan yang baik untuk Anda dalam mendaki gunung. Jadi mulai sekarang jangan sembarangan membawa makanan sebagai bekal naik gunung Anda, contohnya seperti membawa mie instan, karena mie instan akan menghisap cairan dalam tubuh dan membuat Anda menjadi cepat haus.

Tag: articles

arif