Bawang Putih Ampuh Obati Wasir

Ambeien atau lazim disebut wasir kerap dialami oleh ibu hamil atau pasien konstipasi atau kesulitan buang air besar. Namun tak jarang wasir mampir ke rektum atau anus orang yang duduk terlalu lama, mengejan saat buang air besar, diare kronis, obesitas atau kurang makan berserat.

Wasir merupakan kondisi pembengkakan dan peradangan pada pembuluh vena di sekitar anus. Jika sudah parah, mau tidak mau pasien wasir harus menjalani operasi. Namun, mengobati wasir tak selalu harus menggunakan cara medis. Salah satu cara ampuh mengobati wasir adalah dengan bawang putih.

Mengapa bawang putih dipercaya dapat mengobati wasir?

Meski ia salah satu deret bumbu dapur, bawang putih punya manfaat selayaknya obat herbal. Dilansir dari Progressive Health, bawang putih merupakan antibiotik, mampu menurunkan tekanan darah, dan bisa dimanfaatkan sebagai antioksidan. 

Bawang putih memiliki senyawa aktif yang disebut allicin atau alisin. Alisin merupakan senyawa sulfur yang memiliki fungsi sebagai antibakteri dan antijamur. Ia juga digunakan bawang putih untuk bertahan dari serangan hama. 

Berkat senyawa ini, bawang putih berfungsi untuk memperkuat pembuluh darah dan menghancurkan bakteri yang berada di sekitar anus. Selain itu, bawang putih juga dapat mengurangi rasa gatal dan peradangan. 

Dikutip dari Livestrong, ada beberapa cara untuk memanfaatkan bawang putih sebagai obat wasir. Pertama, bawang putih sebagai supositoria atau obat berbentuk peluru dan dimasukkan ke anus. Tak perlu dimasukkan terlalu dalam dan biarkan selama semalam. 

Cara kedua, cincang tiga hingga empat siung bawang putih dan masak dengan segelas air. Pisahkan bawang dan air kemudian biarkan air hingga dingin. 

Celupkan kapas dan tempelkan pada anus. Ganti kapas bila ia mulai kering. Agar lebih bisa memberikan rasa nyaman pada bagian yang radang, air bawang dapat disimpan di kulkas terlebih dahulu sebelum digunakan.

Insan Medika merupakan provider homecare dan caregiver terbaik dan terpercaya. Segera temukan perawat professional pilihan Insan Medika dengan mengunjungi website kami.

Tag: articles

Chintya