Bahaya Minuman Bersoda bagi Tubuh

Kita semua pasti tahu bahwa minuman bersoda bukanlah pilihan yang bagus untuk kesehatan. Sudah banyak pula diskusi yang membahas mengenai efek negatif minuman bersoda bagi tubuh dan kesehatan. Walaupun begitu, saat ini minuman bersoda sangat sulit dihindari. Rasanya yang manis dan nikmat membuat minuman ini menjadi pilihan favorit untuk ngumpul, bersantai di depan televisi, atau sekedar menghilangkan dahaga.

Pada saat udara dan cuaca yang panas terik di dalam pikiran kita pastinya menganggap minuman bersoda sangat segar untuk diminum. Minuman bersoda juga memberi kesan berbeda dibandingkan minum minuman yang lain. Bahkan ada sebagian orang yang selalu menyediakan minumn bersoda di dalam lemari pendingin. Akan tetapi, semakin banyak Anda meminumnya, semakin banyak pula risiko kesehatan yang Anda masukkan ke dalam tubuh Anda. Bahkan minum soda dalam jumlah sedikit saja sudah bisa mendatangkan bahaya untuk tubuh.

Berikut adalah beberapa bahaya dari minuman bersoda : 

1. Merusak Ginjal

Warna yang menarik dari minuman bersoda membuat kita menjadi ingin meminumnya, apa lagi ditambah dengan beberapa tambahan es batu. Tapi ternyata pewarna minuman dalam minuman bersoda tidak baik untuk ginjal. Pewarna tersebut dapat merusak ginjal bila terus dikonsumsi.

2. Membuat Gigi Membusuk

Kandungan karbonisasi dalam minuman bersoda dapat membuat gigi jadi rusak bahkan dapat membusuk. Maka sangat disarankan untuk menggunakan sedotan ketika mengkonsumsi minuman bersoda. Tapi walaupun begitu, tetap saja sebelum masuk ke tenggrokan, minuman bersoda pasti menyentuh gigi. Namun, setidaknya dapat meminimalisirnya. 

3. Menipisnya Lapisan Lambung

Lambung kita yang mengandung asam yang sangat keras dapat terkikis lapisannya dan menyebabkan pencernaan makanan ikut terganggu. Sehingga menimbulkan rasa mulas atau sakit perut bahkan membuat produksi gas dalam lambung meningkat. Ini sangat tidak baik bagi anda yang menderita sakit maag.

4. Menyebabkan Obesitas dan Perut Membuncit

Kandungan gula dalam seporsi minuman bersoda sama mengandung sekitar empat kali lipat gula dalam minuman manis lainnya. Hal ini memberi kalori berlebih pada tubuh dan membuat tubuh menjadi obesitas, baik untuk anak – anak maupun orang dewasa. Selain itu minuman bersoda juga membuat perut buncit.

5. Kecacatan dan Kematian pada Janin Bagi Ibu Hamil

Ibu yang sedang hamil bila mengkonsumsi minuman bersoda dapat membuat adana kemungkinan janin mengalami kecacatan. Tetapi yang paling parah adalah janin dapat saja mati akibat ibu yang gemar meminum minuman bersoda. Maka dari itu untuk ibu hamil dan menyusui wajib untuk tidak mengkonsumsi minuman bersoda.

Nah sekarang kita sudah tahu bahaya-bahaya yang dapat ditimbulkan dari mengkonsumsi minuman bersoda. Restoran-restoran yang menyediakan paket makan dengan minuman bersoda membuat kita sangat sulit untuk menghindarinya. Hidup Sehat memang sulit dilakukan, tapi dengan mengingat dampak-dampak buruk tersebut semoga dapat memberikan semangat Anda untuk tetap menjalankan Hidup Sehat. 

Tag: articles

arif