Bahaya Membunyikan Jari

Apakah Anda sering membunyikan bagian persendian tulang? Terutama di bagian jari - jari tangan, jari - jari kaki, leher, dan punggung? Mungkin mulai sekarang kebiasaan tersebut harus dikurangi sedikit demi sedikit. Memang rasanya melegakan dan nikmat jika sesudah beraktivitas seharian penuh badan terasa pegal - pegal lalu menggerakkan anggota badan hingga berbunyi "kreeeekkk".

Tapi apakah Anda tahu dampaknya? Dalam medis hal tersebut tidak dibenarkan. Beberapa penelitian yang dilakukan oleh para ahli menunjukkan jika kebiasaan ini dilakukan terus menerus, maka dapat menimbulkan penyakit sendi yang kronis di kemudian hari.

Berikut adalah bahaya membunyikan persendian :

1. Arthritis

Arthritis atau radang sendi kerap dihubungkan dengan kebiasaan membunyikan jari di mana risiko arthritis makin tinggi ketika sudah beranjak tua. Meski telah terbukti bahwa tanda arthritis hanya berpeluang kecil ketika terbiasa dengan membunyikan jari, tapi kita perlu untuk tetap mewaspadai kemungkinan satu ini.

2. Kerapuhan Tulang Rawan

Ruas jari yang dibunyikan mampu memicu cairan sinovial keluar dan berubah menjadi udara bersamaan dengan suara retakan yang keluar. Tulang rawan di sekitarnya pun akan menjadi rusak dan makin rapuh bila dilakukan secara terus-menerus.

3. Cedera Akut

Kebiasaan membunyikan jari mampu meningkatkan risiko cedera akut karena sendi yang bunyi seperti suara retak. Kebiasaan ini bisa saja mengakibatkan cedera akut di bagian buku jari. Ini karena ketika kita membunyikan jari, otomatis kita memberikan paksaan atau manipulasi terhadap jari-jari kita.

4. Pembengkakan Tangan

Hasil sebuah penelitian oleh Annals of Rheumatic Diseases menyatakan adanya risiko besar akan pembengkakan tangan ketika seseorang memiliki kebiasaan membunyikan jari dalam jangka panjang. Walau mungkin tak semua orang dengan kebiasaan ini akan mengalami risiko ini, namun tetap perlu untuk mewaspadai akan potensi pembengkakan tangan ini.

5. Keausan Sendi

Kebiasaan membunyikan jari secara berlebihan seperti misalnya setiap 5 menit tentunya akan menjadi hal yang berdampak buruk. Persendian dapat terpicu mengalami keausan dan bila kebiasaan diteruskan secara jangka panjang, osteoarthritis akan terjadi di mana ini merupakan sebuah kondisi radang sendi jari tangan kronis.

Itulah beberapa bahaya dari membunyikan jari tangan terlalu sering dan berlebihan, sehingga harus diperhatikan dengan serius. Tak masalah jika membunyikannya sehari 2 kali, namun bila terus-menerus dan berkali-kali dan setiap hari, dapat memperbesar potensi permasalahan sendi.

Tag: articles

arif