Bahaya Makanan Pedas

Makanan pedas memang makanan yang banyak di gemari para pencinta kulliner di indonesia. Tak jarang kita menambahkan sambal ketika sedang makan untuk menambahkan cita rasanya terutama saat makan soto ayam, mie ayam dan bakso, tidak tanggung-tanggung kita menambahkan sambal yang banyak sampai kita berkeringat ketika memakannya karena kepedasan.

Kita pasti sudah sering mendengar bahaya yang disebabkan oleh makanan pedas. Untuk mengurangi konsumsi makanan pedas sangatlah sulit, apalagi jika kita adalah pecinta makanan pedas, pasti setiap makanan kita selalu di pasangkan dengan sambal / saos. Berikut adalah bahaya yang timbul jika kita mengkonsumsi makanan pedas berlebihan : 

1. Insomnia 

Ternyata makanan pedas yang berlebihan dapat menyebabkan Insomnia. Apa bila anda sering mengalami kesulitan tidur ketika malam hari bisa jadi makanan pedas lah penyebabnya, sebaiknya anda tidak memakan makanan yang terlalu pedas pada malam hari karena memakan makanan terlalu pedas bisa menjadi pemicu orang terkena gangguan tidur (insomnia). 

2. Maag Akut

Berlebihan memakan makanan pedas bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada lambung karena terlalu sering mengkonsumsi makanan seperti ini bisa memicu penyakit maag akut pada lambung atau sering juga di sebut dengan gastristis. Biasanya gejala yang di timbulkannya seperti sering merasa mual, muntah, perut kembung disertai dengan diare. 

3. Diare

Memakan makanan pedas bisa menyebabkan seseorang terkena diare, hal ini di karenakan zat capsicum yang biasanya ada pada makanan yang pedas bisa memicu seseorang terkena diare apa bila terlalu banyak masuk pada tubuh, zat seperti ini bisa membuat usus rentan teriritasi sehingga tidak bisa berfungsi dengan baik gangguan seperti ini bisa menyebabkan kinerja usus besar tidak maksimal dan akan mengakibatkan proses buang air besar terganggu dan sering merasa mulas – mulas yang tidak mau berhenti.

4. Refluks Asam

Sering memakan makanan yang terlalu pedas mengakibatkan terkena penyakit refluks asam yang di mana penyakit jenis ini akan menyebabkan kerusakaan atau gangguan di bagian kerongkongan, terkena penyakit ini bisa membuat makanan yang baru saja masuk pada lambung bisa mengalir kembali dalam kerongkongan dan juga bisa menimbulkan peradangan serta nyeri.

5. Bahaya Untuk Ibu Hamil

Terlalu sering memakan makanan yang terlalu pedas juga bisa membahayakan kesehatan ibu hamil sekaligus cabang bayinya, hal ini karena bahaya – bahaya yang timbul akibat makan makanan yang terlalu pedas seperti mulas berlebihan dan diare bisa membuat gangguan kesehatan kandungan ibu serta cabang bayi serta bisa menyebabkan kontraksi terlalu dini bagi ibu yang sedang hamil, untuk itu makanan pedas memang harus di pantang bagi para ibu hamil untuk menjaga kesehatan kandungan serta cabang bayinya.

Tadi adalah beberapa bahaya yang dapat muncul jika kita mengkonsumsi makanan pedas berlebihan, oleh karena itu batasi konsumsi makanan pedas kita sekarang juga, tidak mau kan terserang penyakit seperti yang disebutkan di atas? walaupun sulit untuk memisahkan diri dari makanan pedas, tapi mau tidak mau harus tetap kita batasi dan hindarkan ya.

Tag: articles

arif