Bahaya Duduk Terlalu Lama

Kita pasti sering sekali menghabiskan waktu dengan duduk, entah itu saat di kantor, sekolah, kuliah, dan di tempat lainnya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jika setiap harinya Anda duduk lebih dari 6 jam, risiko Anda terkena penyakit jantung meningkat sebesar 64%. Tidak perlu jauh-jauh, efek yang langsung kita alami seperti pegal-pegal, sakit punggung, nyeri leher, dan bahkan berat badan dapat bertambah.

Organisasi kesehatan dunia (WHO) menyebutkan, terlalu lama duduk merupakan penyebab kematian nomer 4, setelah tekanan darah tinggi, merokok, dan kadar gula darah tinggi. Aktivitas fisik memainkan peran penting dalam kesehatan jantung dan pembuluh darah. Penelitian memperkirakan, setiap penambahan dua jam duduk dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular sebanyak 5%, ujar dr.Simon Salim, Sp.PD.

 

1. Penuaan Otot

Dengan bergerak akan membuat otot-otot kita menjadi kencang dan awet muda. Misal Saat kita berdiri, bergerak atau duduk tegak, otot perut akan membuat kita tegak. Tetapi saat kita duduk merosot, otot tersebut tak terpakai. Hal ini bisa merusak lengkungan alami punggung. Selain itu, terlalu banyak duduk juga mengurangi fleksibilitas pinggul. Duduk juga akan mengurangi kestabilan tubuh dan mengurangi kepadatan tulang.

 

2. Kerusakan Organ

Degan duduk yang terlalu lama akan membuat kinerja otot membakar lemak lebih sedikit dan aliran darah melambat, sehingga lemak akan lebih mudah menempel di pembuluh darah. Kebiasaan duduk dalam jangka panjang juga meningkatkan tekanan darah dan koleseterol. Riset juga menunjukkan, duduk dan tidak aktif bergerak dalam 24 jam akan menurunkan efektivitas insulin sehingga beresiko sakit diabetes.

 

3. Sakit Leher

Jika waktu duduk Anda kebanyakan dihabiskan di meja kerja, kemungkinan besar leher Anda terlalu maju sehingga dalam jangka panjang merusak keseimbangannya. Selain leher, otot di sekitar bahu dan punggung juga akan terpengaruh. Duduk dalam posisi ini berjam-jam akan menimbulkan rasa nyeri pada bagian leher. Rasa sakit ini disebabkan karena adanya peradangan pada bagian sendi tulang belakang.

 

4. Memperlambat Pencernaan Makanan

Jika anda termasuk orang yang langsung kembali duduk di belakang meja kerja setelah makan siang, maka sebaiknya anda berhati-hati. Duduk terlalu lama apalagi dilakukan setelah makan, menyebabkan isi perut tertekan, sehingga memperlambat proses pencernaan makanan. Pencernaan yang lambat kemudian dapat menyebabkan perut kram, kembung, konstipasi, serta ketidakseimbangan mikroba baik yang membantu pencernaan makanan.

 

5. Mati Muda

Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin lama anda duduk, maka semakin pendek pula usia anda. Ini dikarenakan duduk selama berjam-jam akan mengembangkan lemak darah dan juga meningkatkan kadar kolesterol.Risiko yang terjadi adalah anda bisa terkena penyakit kardiovaskular yakni serangan jantung dan juga penyakit lainnya yang dapat menyebabkan kematian.

 

Jadi luangkanlah waktu dan sempatkanlah untuk bergerak. Untuk setiap satu jam anda duduk dan bekerja, kasih tubuh anda waktu lima hingga sepuluh menit untuk berhenti, entah untuk berdiri dan berjalan-jalan maupun meregangkan tubuh. Bila perlu, pasang alarm kecil sebagai pengingat. Coba gerakan-gerakan ini untuk melemaskan otot yang kaku. Tidak maukan terserang penyakit-penyakit di atas, bahkan hanya dengan duduk terlalu lama dapat menyebabkan kematian.

 

Tag: articles

arif