Bahaya dari Softlens

Kontak lensa atau softlens adalah sejenis lensa pengganti kacamata minus yang praktis dan efisien. Sehingga tidak perlu lagi menggunakan kacamata sebagai alat bantu melihat. Ada yang menggunakan lensa kontak karena memang membutuhkannya atau sebagai pengganti kacamata,  ada juga yang memakai softlens hanya untuk style semata.

Penggunaan softlens sekarang ini lebih cenderung banyak dilakukan oleh orang yang sebenarnya tidak memiliki masalah pada matanya, melainkan hanya sekedar untuk kosmetik saja, atau untuk mempercantik diri. Padahal ada dampak buruk bagi mata yang sedang mengintai Anda jika penggunaannya sembarangan.

Berikut adalah beberapa bahaya dari softlens :

1. Infeksi

Infeksi pada mata akan menimbulkan bekas luka di kornea mata. Karena infeksi yang terjadi itu kebanyakan menyerang retina. Infeksi itu juga menyebabkan rasa gatal sebab kuman telah masuk ke dalam kornea mata sehingga akan sangat bahaya mengucek mata.

2. Iritasi

Iritasi diakibatkan oleh adanya benda asing yang menempel di bola mata dan menyebabkan iritasi. Oleh sebab itu orang yang memakai softlens diwajibkan untuk membawa tetes mata khusus lensa kontak agar matanya tidak menjadi kering.

3. Leukoma

Leukoma merupakan adanya becak putih seperti porselen yang ada di dalam kornea mata. Leukoma itu merupakan dampak akibat infeksi yang ada di mata dan diakibatkan oleh softlens. Munculnnya leukoma di kornea mata bisa menyebabkan gangguan padangan.

4. Nebula

Kebanyakan infeksi itu ada di kornea mata sehingga nebula juga akan menyerang mata. Nebula ini berbeda dengan leukoma, perbedaannya adalah leukoma bisa terlihat dari jarak jauh sedangkan nebula kekeruhan korneanya bisa dilihat dari jarak dekat.

5. Ulkus Kornea

Ulkus Kornea merupakan luka terbuka pada kornea yang ada di lapisan terluar. Orang yang menderita ulkus kornea tidak boleh melihat matahari secara langsung sebab bahaya melihat matahari langsung bagi penderita ulkus kornea adalah akan mengakibatkan  mata menjadi nyeri tak tertahankan.

Itulah beberapa efek buruk dari soflens jika digunakan dengan sembarangan. Disarankan jangan terlalu lama menggunakannya dan harus ada pemantauan dari dokter mata. Berkonsultasi dengan dokter mata akan menghindarkan Anda dari berbagai macam bahaya lensa kontak untuk mata.

Tag: articles

arif