Bahaya dari Mengkonsumsi Gorengan

Makan yang digoreng sering kita ditemukan mulai dari sajian utama hingga camilan. Rasa gurih dan renyah dari makanan gorengan kadang dapat membuat penikmatnya lupa diri, padahal ada risiko dibalik makanan tersebut.

Makanan yang digoreng cenderung mengandung banyak lemak, kalori dan garam. Sebab, proses penggorengan makanan dapat mengubah kualitas nutrisi dan meningkatkan kandungan kalori. Apalagi, jika minyak yang digunakan untuk menggoreng sudah dipakai berulang sehingga mengandung lemak trans. 

Berikut adalah bahaya yang muncul dari mengkonsumsi gorengan : 

1. Meningkatkan Risiko Penyakit Degeneratif

Mereka yang makan gorengan 4-6 kali seminggu memiliki risiko hingga 39% untuk menderita diabetes jika dibandingkan dengan yang makan gorengan 1 kali seminggu. Sementara mereka yang makan gorengan 7 kali bahkan lebih selama seminggu mengalami peningkatan risiko menderita diabetes hingga 55%.

2. Meningkatkan Risiko Kegemukan

Makanan tinggi lemak biasanya juga tinggi kalori, karena 1 gram lemak setara dengan 9 kalori. Sehingga satu sendok teh minyak gorengan dapat menyumbang 45 kalori. Jika Anda rutin mengonsumsi makanan yang digoreng, bukan tidak mungkin lama kelamaan berat badan Anda akan bertambah. Kegemukan dan obesitas merupakan faktor risiko pada sebagian besar penyakit degeneratif, ini berarti jika berat badan Anda lebih dari normal maka risiko Anda untuk menderita penyakit lain juga meningkat.

3. Pembuluh Darah Tersumbat

Arterosklerosis adalah penumpukan plak di pembuluh arteri. Plak ini dapat menyumbat aliran darah dari pembuluh arteri ke organ-organ penting di tubuh kita. Plak terbuat dari lemak gorengan yang terdapat dalam tubuh, lama kelamaan plak ini akan mengeras dan menghambat peredaran darah.

4. Minyak Goreng yang Digunakan Berkali - Kali

Masing-masing jenis minyak memiliki suhu maksimum, di mana pada suhu maksimal tersebut, minyak akan mulai mengeluarkan asap ketika dipanaskan. Suhu ini disebut juga smoke point. Saat mencapai smoke point, akan dihasilkan zat berbahaya yang bersifat racun bagi tubuh, serta radikal-radikal bebas yang dapat merusak sel-sel di dalam tubuh Anda.Semakin sering minyak digunakan, akan semakin rendah angka smoke point-nya sehingga semakin mudah menghasilkan senyawa-senyawa yang tidak baik bagi tubuh. 

Sekarang Anda Sudah tau kan bahaya mengkonsumsi gorengan bagi tubuh dan kesehatan kita, secara garis besar gorengan sangat ampuh menyebabkan kanker, kolesterol, dan penyakit jantung. Jadi konsumsi lah secara bijak ya

Tag: articles

arif