Bahaya dari Kuku yang Panjang

Pada sebagian orang memiliki kuku panjang itu menyenangkan. Kuku panjang juga selalu dikaitkan dengan feminitas dan kecantikan, oleh sebab yang memiliki kuku panjang biasanya seorang wanita. Tapi taukah anda jika memiliki kuku panjang dapat menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan?
Sebuah studi dilakukan oleh Infectious Disease Society of America dan mereka mengungkapkan bahwa kuku yang lebih panjang dari 0,3 centimeter di luar ujung jari bisa membawa bakteri dan jamur berbahaya. Dr Carol A. Kauffman ( anggota studi ) menyatakan, orang harus menghabiskan setidaknya 15 detik untuk mencuci tangan dan membersihkan kuku mereka untuk menyingkirkan kuman yang tidak terlihat.

Berikut adalah beberapa bahaya yang dapat ditimbulkan oleh kuku yang panjang : 

1. Tempat Bersarangnya Kuman

Untuk yang satu ini pasti anda sudah sering mendengarnya. Kuku yang panjang merupakan tempat dimana kotoran sering menempel, dan otomatis kuman akan berhinggap juga. Perlu diketahui, walaupun kita sudah mencuci tangan dengan bersih, belum tentu kuku jari sudah bersih. 

2. Bakteri Penyebab Jerawat 

Kuku yang panjang juga dapat menyebabkan jerawat. Jika tangan anda sering memegang wajah atau sering memencet jerawat, biasanya yang ikut berperan adalah kuku tangan. Bakteri di wajah anda akan berkembang pesat, itu akan menimbulkan jerawat dan infeksi pada jerawat. 

3. Melukai Kulit

Kita pasti sering menggaruk kulit saat terasa gatal, tanpa kita sadari kuku yang panjang mampu melukai kulit anda walaupun tidak terasa atau terlihat. Biasanya kulit akan lecet setelah digaruk dan akan menimbulkan luka.

4. Rusaknya Kuku

Kuku yang panjang juga berdampak pada kuku itu sendiri ,seperti pertumbuhan kuku menjadi terhambat, keseimbangan kuku menjadi terganggu, dan bahaya sering terjadi adalah kuku rusak / tercabut karena tersangkut.

5. Sumber dari Segala Penyakit

Tanpa kita sadari kuku yang panjang adalah biang kerok dari penyakit anda, seperti penyakit diare karena bakteri pada kuku, sebagai media untuk merusak kulit, sebagai media penyebaran kuman. Berawal dari makan, bakteri pada kuku akan mudah masuk kedalam makanan kita jika kuku kita tidak bersih.

Tag: articles

arif