Backpacker? Ikuti 5 Tips Jaga Kesehatan Saat Travelling!

Melakukan perjalanan dari satu tempat ke tempat lain, melihat dan bertemu orang-orang serta menikmati pemandangan dan berbagai kegiatan yang mengagumkan, itulah daya tarik travelling apalagi untuk seorang backpacker. Karena padatnya aktivitas, terkadang backpacker justru jatuh sakit di tengah-tengah perjalanan. Penting untuk menjaga kesehatan backpacker di saat travelling.

Traveling ala backpacker itu memang paling asyik, ya? Bisa lebih bebas menjelajah berbagai tempat dan berinteraksi dengan budaya lokal tanpa bikin kantong bolong. Kenyamanan boleh saja jadi prioritas nomor dua, tapi supaya perjalanan tetap seru tanpa terganggu sakit, beberapa hal ini yang harus Anda perhatikan seperti yang dilansir journal sociolla.

Makanan

Image result for makanan jajanan shutterstock

http://www.klikdokter.com

Mencicipi aneka kuliner lokal sudah pasti jadi agenda yang tak boleh dilewatkan saat traveling ala backpacker, dan tempat pertama yang dicari biasanya bukan restoran atau kafe, melainkan makanan kedai kaki lima yang murah meriah. 

Untuk menghindari sakit perut atau penyakit lain akibat terkena bakteri asing yang terkandung dalam makanan di daerah baru, selalu minta agar pesanan Anda dimasak ekstra matang, terutama bila mengandung daging, ayam, seafood, atau telur. Jangan lupa, setiap kali ada kesempatan pilihlah makanan yang banyak mengandung sayur dan buah.

Banyak jalan kaki

Related image

https://www.ahaber.com.tr

Cara paling gampang agar badan tetap fit dan nggak gampang sakit saat traveling ala backpacker adalah dengan banyak jalan kaki. Selain mengurangi biaya transportasi, jalan kaki juga bisa jadi pengganti olahraga yang efektif membuat tubuh tetap bergerak aktif. Sebelum mulai menjelajah, pastikan Anda tidak lupa mengoleskan tabir surya secara merata pada kulit serta menggunakan sepatu yang kuat dan nyaman, ya.

Bawa botol minuman sendiri

Image result for bawa botol minum sendiri shutterstock

https://blog.jakmall.com

Saat traveling ala backpacker, kadar cairan tubuh harus tetap dijaga dengan banyak minum air putih agar tidak gampang lemas atau sakit meski selalu bergerak aktif. Nah, ketimbang membeli minuman kemasan di swalayan yang mengandung gula dan kalori tinggi, lebih baik Anda membawa tumbler atau botol minuman yang bisa diisi ulang. Selain praktis, Anda juga jadi tak perlu repot dengan sampah botol plastik yang tersisa.

Lengkapi alat sanitasi

Image result for hand sanitizer shutterstock

https://beritagar.id

Ke mana pun Anda pergi, selalu bawa pouch kecil yang sudah diisi dengan alat sanitasi penting untuk menjaga kebersihan tubuh agar tidak gampang sakit saat sedang traveling ala backpacker, seperti:

  • Hand Sanitizer sebagai pengganti cuci tangan sebelum makan, sebelum menyentuh wajah, setelah menggunakan properti umum seperti ATM dan kamar mandi, atau setelah menyentuh binatang.
  • Gunting kuku, untuk memastikan tidak ada debu, kotoran, atau bakteri yang menumpuk di bawah kuku.
  • Tisu basah, untuk membersihkan tubuh dari keringat atau kotoran saat tidak ada air dan sabun.
  • Sikat gigi dan odol.
  • Pembalut dan celana dalam cadangan.

Supaya lebih aman, lengkapi juga dengan perlengkapan P3K sederhana, ya!

Tag: articles