Ayo Benahi Kebiasaan Mencuci Tangan Kita!

Tangan adalah bagian dari tubuh kita yang paling sering berinteraksi dengan benda-benda sekitar, seperti gagang pintu, bangku, stir mobil, dan lain-lain. Padahal, dari benda-benda tersebut mungkin saja ada kuman yang menempel dan dapat menyebabkan penyakit.

Maka, membersihkan tangan dengan rutin sangatlah penting untuk kesehatan kita. Pertanyaannya, seberapa seringkah kita harus mencuci tangan? dan bagaimana cara kita mengoptimalkannya?

Normalnya orang akan membasuh tangannya sebelum makan, setelah makan, dan setelah menggunakkan toilet. Seperti 15x setiap harinya. Belum termasuk jika kita memasak atau saat mempersiapkan makanan lainnya. Bisa jadi 20x sehari setiap harinya. Untuk menghemat air, jumlah ini sangatlah banyak dan bisa dibilang berlebihan.

Untuk mengoptimalkannya, setiap cuci tangan, basuhlah tangan dengan air, lalu matikan keran dan ambillah sabun tangan, lalu usapkan dan basuh selama 20x di telapak tangan Anda, lalu nyalakan kerannya, dan basuh dengan air. Jangan biarkan air terus mengalir pada saat membersihkan tangan dengan sabun.

Atau dapat juga mengganti cuci tangan dengan tisu basah atau hand sanitizer.

Tag: articles

Isti Marta S