Atasi Bipolar Pada Ibu Hamil Dengan Cara Ini

Gangguan bipolar memang dikenal sebagai peristiwa manik depresif, sebenarnya jenis gangguan yang dapat dikendalikan. Gangguan yang ditandai dengan perubahan ekstrim pada suasana hati (mood), pikiran energi, dan prilaku. Untuk mencegah kambuhnya salah satu fase bipolar seperti mania atau depresi, pengidap pun dianjurkan minum obat secara teratur.

Namun bagaimana jika bipolar terjadi pada ibu hamil? Nurmiati, dokter spesialis penyakit kejiwaan memaparkan, merencanakan kehamilan bagi penngidap bipolar memang bukan hal yang mudah. Sebab sewaktu-waktu sang ibu akan kambuh. Selain itu, obat-obatan bipolar memiliki potensi efek samping dan dampak negatif bagi calon bayi.

 

sains.kompas.com

"Memang sangat dilema ketika sang ibu memiliki bipolar saat hamil, bila tidak diobati sang ibu akan kambuh dan tidak memikirkan keselamatan janinnya. Namun ketika sang ibu minum obat, calon bayi akan mengalami kecacatan," papar Nurmiati saat ditemui dalam acara 'Gangguan Bipolar VS Fenomena Bunuh Diri Di Kota Besar' di bilangan Sudirman, Jakarta Pusat.

Kecacatan yang dimaksud seperti bibir sumbing, kelaian katup jantung, gangguan saraf belakang. Apalagi ketika si ibu mengonsumsi obat pada trisemester pertama kehamilan. Untuk menyelaskan masalah tersebut, Nurmiati menyarankan agar berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter kejiwaan saat memutuskan untuk hamil.

"Berkonsultasi pada dokter sangat disarankan agar dokter memberikan obat yang sesuai tidak membuat janin dalam masalah dan bipolar tidak kambuh saat masa kehamilan," tambah Nurmiati.

Sebaiknya, enam bulan sebelum melahirkan menghentikan terlebih dahulu penggunaan obat atau gunakan obat yang aman yang disarankan oleh dokter.

Begitu pun dengan ibu menyusui juga mengahdapi masalah sama karena sebagian obat gangguan bipolar dapat terserap oleh ASI dan bayi pun akan terkena efek samping dari obat yang dikonsumsi.

Pilihlah layanan home care kesehatan yang tepat untuk keluarga anda tercinta. Anda dapat kunjungi Insan Medika untuk mendapatkan layanan home care terbaik.

Tag: articles

Vionita