Apakah Vape Lebih Baik dari Rokok Biasa?

Rokok elektrik: Apakah ini cara yang aman bagi perokok untuk berhenti atau justru ini menjadi pintu gerbang untuk membuat anak muda mengenal dengan kebiasaan yang diketahui menyebabkan penyakit mematikan pada jantung, paru-paru serta kanker? Sudah banyak pakar kesehatan masyarakat dan peneliti tembakau mencoba mencari tahu, namun hasilnya beragam.

Rokok elektrik adalah perangkat yang dioperasikan dengan baterai yang wujudnya seperti pena. Namun bentuknya juga beragam. Pada dasarnya cara kerja mereka sama:

  • Mereka memiliki wadah berisi cairan yang biasanya terbuat dari nikotin, perasa, dan bahan kimia lainnya.
  • Alat pemanas mengubah cairan menjadi uap yang Anda hirup.

https://nerdist.com/wp-content/uploads

Hal tersebut biasa kita sebut “vaping”. Kebanyakan mengandung nikotin kimiawi, yang bersifat adiktif (ketergantungan). Nikotin tidak baik untuk orang yang memiliki masalah jantung. Apakah hal ini lebih aman dari rokok biasa?

Rokok elektrik ini tidak dianggap 100% aman, namun kebanyakan ahli menganggapnya kurang berbahaya daripada rokok, kata Neal Benowitz, MD, seorang peneliti nikotin di University of California di San Fransisco. Ia menjelaskan, rokok membunuh hampir setengah juta orang per tahun di Amerika Serikat. Sebagian besar bahaya berasal dari ribuan bahan kima yang dibakar dan dihirup.

https://i.ytimg.com/vi/haqi4xvjvKo/maxresdefault.jpg

Food and Drug Administration (FDA) yang merupakan BPOM nya Amerika Serikat, mengatakan tidak ada bukti bahwa rokok elektrik itu aman dan efektif untuk membantu perokok berhenti merokok. Fakta lain yang harus Anda ketahui tentang rokok eletrik ini yaitu:

Rokok elektrik dapat meledak.

Ada 134 kasus mengenai ledakan baterai nya karena overheating sepanjang tahun 2009 sampai 2016, menurut Michael Felberbaum, juru bicara FDA.

Rokok elektrik dapat meracuni orang.

Nikotin cair sangat berbahaya bagi anak keci. Kasus tentang keracunan terus meningkat. Maka jauhilah rokok elektrik dari jangkauan anak-anak kecil.

Yakin mau mencoba rokok elektrik ini? Setelah mengetahui bahaya dan faktanya, Anda perlu mencari jalan lain untuk mulai berhenti merokok.

Tag: articles