Apa Sih Penyakit Autoimun? Seperti Apa Gejalanya?

Belum lama ini kabar duka datang dari keluarga Mark Sungkar. Seperti yang dilansir dari kapanlagi.com (1/4/2018) Putri dari Mark Sungkar, Jamilah Sungkar, meninggal dunia tanggal 31 Maret 2018, di Rumah Sakit AMC Amsterdam karena penyakit autoimun. Jamilah Sungkar meninggal karena penyakit yang menyerang jaringan tubuhnya sendiri.

Penyakit autoimun yang menyerang Jamilah Sungkar terjadi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang mengalami gangguan sehingga menyerang jaringan tubuh itu sendiri. Seharusnya sistem imun hanya menyerang organisme atau zat-zat asing yang membahayakan tubuh. Gangguan autoimun terjadi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang keliru menyerang jaringan tubuh sendiri.

vemale.com

Gejala Penyakit Autoimun

Penyakit autoimun ini tidak dapat dicegah, dan bahayanya penyakit ini banyak menyerang perempuan usia produktif. Penyakit ini bisa menimbulkan kerusakan pada rubuh. Tubuh yang diserang akan mengalami gangguan tulang persendian, saraf, kelenjar dan organ-organ penting lainnya.

Gejala yang dirasakan oleh masing-masing orang akan berbeda, tergantung dengan ketahanan tubuhnya. Namun gejala yang sering dialami adalah kelelahan, demam dan pusing. Dan yang perlu kamu ketahui, autoimun ini termasuk penyakit yang langka dan unik.

Jenis Penyakit Autoimun

Ada berbagai jenis penyakit autoimun yang menyerang, antara lain Antibody Syndrome, Autoimun Hepatitis, Celiac Dease, Guillain-Barre Syndrome (GBS), Hemolytic Anemia, Ideophathic Thrombosythopenic Purpura (ITP), Lupus Eritematosus Sistemik, Multiple Sclerosis, Psoriasis dan Diabetes.Banyak sekali jenis penyakit autoimun ini.

Faktor penyebab penyakit autoimun bisa berasal dari faktor genetik, faktor lingkungan, hormon seks (alasan mengapa penyakit ini banyak menyerang usia produktif) dan pengaruh infeksi. Penyakit ini bukan akhir dunia, meskipun gangguan autoimun tidak dapat disembuhkan, tetapi gejala yang menimbulkan gangguan ini dapat dikendalikan dengan pengobatan yang tepat.

Mulai sekarang biasakan untuk melakukan pola hidup sehat, agar terhindar dari bahaya penyakit!

Pilihlah layanan home care kesehatan yang tepat untuk keluarga anda tercinta. Anda dapat kunjungi Insan Medika untuk mendapatkan layanan home care terbaik.

Tag: articles

Vionita