Apa Itu Tuberkulosis?

Tuberkulosis atau yang lebih sering kita dengar dengan TBC adalah penyakit yang disebabkan oleh kuman Mycroacterium TuberCulosis yang menyebabkan kerusakan terutama pada bagian paru-paru.

Selain itu, kuman ini menyebabkan gangguan berupa batuk, sesak napas, bahkan dapat menyebar ke tulang, otak, dan organ lainnya. Bila dibiarkan, kuman ini dapat menyebar ke tulang bahkan otak manusia.

Berdasarkan hasil survei yang telah dilakukan pada tahun 2010, jumlah penderita tuberkulosis di Indonesia mencapai 289 per 100.000 penduduk. Pada tahun 2012 Indonesia masuk dalam lima besar negara dengan jumlah pengidap Tuberkulosis di Asia Tenggara. Penyakit Tuberkulosis juga menjadi penyakit ke empat penyebab kematian setelah stroke, diabetes, dan hipertensi. 

Cara Penularan Tuberkulosis

Penyakit Tubuerkulosis menyebar dan menular sangat cepat melalui udara yang tercemar oleh bakteri Mycroacterium TuberCulosis yang keluar ketika penderita penyakit ini bersin atau batuk dan tanpa disengaja terhirup orang lain. Tetapi hal tersebut tidaklah mutlak seseorang ketika menghirup akan langsung mengidap penyakit Tuberkulosis. Faktor lain adalah daya tahan tubuh seseorang.

Kelompok Orang Berisiko Tertular Penyakit Tuberkulosis

 

Gejala Penyakit Tuberkulosis

Penyakit ini muncul tanpa gejala-gejala yang khas, hanya batuk-batuk ringan sehingga banyak masyarakat yang mengabaikannya. Gejala lain yang menandakan seseorang terkena penyakit Tuberkulosis di antaranya batuk yang mengeluarkan darah, dada yang terasa sakit saat bernapas atau batuk, tidak nafsu makan, penurunan berat badan, demam, dan berkeringat berlebih di malam hari. Sebaiknya periksalah kesehatan rutin ke dokter untuk memantau kondisi kesehatan Anda.

Mencegah Penyakit Tuberkulosis

Walaupun sifat penyakit ini berbahaya, tetapi ada banyak cara untuk mencegah terinfeksi dari penyakit ini, antara lain:

Itulah hal yang perlu Anda ketahui tentang tuberkulosis. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Salam!

 

www.insanmedika.co.id

Penyedia Perawat Home Care, Pendamping Orang Sakit, dan Perawat Lansia Profesional