Anak Sering Batuk Pilek? Cobalah Pengobatan dari Rumah

Daripada selalu bergantung dengan obat-obatan di apotek, orangtua lebih baik mempertimbangkan penggunaan pengobatan rumah. Pengobatan rumah adalah obat-obatan yang dibuat sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang sederhana.  

Seperti yang sudah diketahui, obat-obatan di apotek yang Ibu berikan kepada anak tanpa resep dokter dapat menyebabkan efek samping yang serius. Efek sampingnya dapat terjadi pada orang dewasa apalagi anak-anak. Oleh karena itu U.S. Food and Drug Administration pada tahun 2008 merekomendasikan agar anak-anak berusia dibawah 4 tahun tidak menggunakan obat-obatan apotek.  Sedangkan anak usia 4-6 tahun dapat menggunakan obat-obatan apotek dengan resep dokter. Dan anak berusia diatas 6 tahun diperbolehkan menggunakan obat-obatan apotek apabila instruksi dosis yang ada di packaging nya diikuti dengan tepat.  

Pilek dan batuk merupakan penyakit yang sering kali menghampiri anak-anak. Ada cara yang lebih aman dan hemat biaya dalam meringankan dari gejala flu dan batuk seperti hidung mampet, batuk gatal, dan lain-lain. Caranya adalah: 

Hidung Meler : cairan dari hidung yang tidak berhenti seringkali menganggu aktivitas anak. Caranya paling mudahnya adalah dengan mengambil tissue dan mengeluarkannya. Apabila anak anda belum bisa mengeluarkan sendiri, dapat dibantu dengan alat penyedot cairan hidung yang bisa ditemui di apotek. Mungkin cara ini tidak dapat menyembuhkan flu anak sepenuhnya, namun cara ini dapat membantu mengeluarkan virus yang ada dari tubuh anak anda.

Hidung Tersumbat : Lendir dalam hidung yang menyumbat memang sulit dihilangkan, namun membilas hidung dapat membantu. Pembilasan hidung dapat dilakukan dengan mencampur 2 mL atau 0.4 sendok teh garam ke dalam 240 mL air hangat lalu diteteskan ke masing-masing lubang hidung. Atau yang lebih mudah adalah dengan hanya meneteskan air hangat ke lubang hidung. Cara ini dapat diulang-ulang sampai anak merasa hidungnya sudah tidak tersumbat.

Batuk Berdahak : bayi dibawah 3 bulan harus menemui dokternya. Dan bayi usia 3 bulan sampai 1 tahun dapat diberikan satu sampai tiga sendok teh cairan hangat seperti air putih ataupun jus apel, sebanyak 4 kali sehari. Anak di bawah 1 tahun belum boleh mengonsumsi madu, jadi untuk anak usia diatas 12 bulan dapat mengonsumsi madu sebanyak 1 sendok teh untuk mencairkan lendir yang ada di tenggorokan mereka.

Batuk Gatal : Uap hangat pada saat mandi dengan air hangat dapat meringankan batuk gatal. Jadi cara paling sederhana adalah dengan membiarkan anak mandi dengan air hangat untuk mendapatkan uap hangat tersebut.

Menurut beberapa ahli, penyakit batuk dan flu tidak selalu harus diobati. Lakukan pengobatan hanya apabila anak sudah merasa terganggu dengan gejala yang dialaminya seperti mengganggu waktu tidur, konsentrasi belajar, dan lain-lain.

Insan Medika merupakan provider homecare dan caregiver terbaik dan terpercaya. Segera temukan perawat professional pilihan Insan Medika dengan mengunjungi website kami.

Tag: articles

Chintya