Home ยป 7 Makanan Terbaik untuk Atasi Sembelit

7 Makanan Terbaik untuk Atasi Sembelit

Beruntung jika setiap pagi Anda rutin ke toilet untuk buang air besar.

Pasalnya, tak semua orang bisa buang air besar setiap pagi hari. Banyak orang yang mengalami konstipasi atau sembelit.

Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor seperti, dehidrasi, diet yang buruk, pengaruh obat-obatan, atau penyakit yang mempengaruhi sistem saraf.

Untungnya, beberapa makanan tertentu dapat membantu meringankan sembelit dengan cara melunakkan feses dan mengurangi tingkat kerja usus.

Makanan yang dapat membantu meringankan sembelit ini dapat dengan mudah ditemukan di kehidupan sehari – hari.

Berikut adalah 7 makanan yang dapat membantu meringankan rasa sembelit dan membuat pencernaan anda teratur.

1. Plum

Buah Plum sering dipakai sebagai obat alami untuk sembelit. Buah plum mengandung banyak serat, seperti serat selulosa yang dapat membantu melancarkan pencernaan anda.

2. Apel

Related image

wallpaperbetter.com

Buah apel juga merupakan buah yang kaya akan serat. satu buah apel mengandung 4,4 gram atau setara dengan 17 persen dari asupan serat yang direkomendasikan. Serat yang terdapat dalam apel disebut dengan pektin.

Serat pektin dapar dengan cepat difermentasikan oleh bakteri untuk membentuk asam lemak dan dapat melunakkan feses.

3. Pir

Buah pir juga merupakan salah satu buah yang kaya akan serat. Namun selain kaya akan serat, buah pir juga tinggi akan fruktosa dan sorbitol. Fruktosa dan sorbitol merupakan sejenis gula yang tidak diserap dengan baik oleh tubuh sehingga gula akan menjadi pendorong alami dengan membawa air ke dalam usus.

4. Ubi Manis

Ubi merupakan makanan alternatif dari kentang yang mempunyai kadar gilkemik yang rendah dan mengandung sejumlah serat seperti selulosa, lignin dan pektin yang membantu meringankan sembelit.

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperi kacang polong merupakan makanan yang mudah ditemukan dan murah. Selain itu kacang-kacangan juga kaya akan campuran serat yang dalam satu setengah cangkir kacang dapat memenuhi sekitar 31 persen dari kebutuhan serat harian.

6. Biji Chia

Biji Chia yang sering disalahartikan sebagai biji selasih ini merupakan makanan yang paling padat akan serat, hanya dengan satu ons biji chia, sekitar 42 persen kebutuhan serat harian anda terpenuhi.

Biji chia dikenal sangat serbaguna dan dapat ditambahkan ke berbagai makanan. Biji chia yang dilarutkan di dalam air akan membentuk gel yang dapat membantu melunakkan feses.

7. Sayuran Hijau

Mengutip Healthnine, sayuran hijau seperti bayam, kubis dan brokoli bukan hanya kaya akan serat namun juga merupakan sumber vitamin C, vitamin K dan folat. Sayuran hijau dapat membantu mendorong kotoran untuk lebih mudah keluar dari usus. (cnnindonesia.com)

Insan Medika merupakan provider homecare dan caregiver terbaik dan terpercaya. Segera temukan perawat professional pilihan Insan Medika dengan mengunjungi website kami.

Butuh Perawat Live-In untuk Orang Terkasih?

Temukan perawat handal dan profesional dari Insan Medika yang sepenuh hati merawat dan mendampingi lansia hingga pasien yang terpasang alat.

Pilih Perawat
Perawatan live-in