6 Tips Ampuh Obati Sakit Gigi

Sakit kepala, gusi nyut-nyutan, makan pun terasa menyiksa. Anda sedang sakit gigi, sebaiknya segera kunjungi dokter. Namun sementara itu, Anda mungkin bisa menjalani berbagai cara di bawah ini sebagai obat sakit gigi alami seperti yang dilansir hellosehat.

Coba 6 Tips Obat Ampuh Ini!

1. Kumur air garam

Image result for kumur air garam shutterstock

https://hellosehat.com

Larutkan ½ sdt garam ke dalam satu gelas air (240 ml), dan kumur selama beberapa saat. Sebelum berkumur, Anda juga bisa lakukan flossing untuk mengeluarkan sisa makanan yang mengganjal di sekitar area gigi yang sakit.

2. Kunyah bawang putih

Image result for kunyah bawang putih shutterstock

https://www.vemale.com

Saat terkoyak oleh gigi, bawang putih akan melepaskan allicin, substansi berminyak alami yang berfungsi sebagai pelawan penyakit.

3. Kompres es batu

Related image

http://www.topinspired.com

Masukkan es batu dalam plastik kecil, bungkus dengan kain tipis, dan tempelkan langsung pada gigi yang ngilu selama 15 menit untuk mengebaskan saraf gigi. Atau, Anda bisa tempelkan kompres es di pipi Anda, di daerah gigi yang sakit.

Ada satu trik menarik lain yang bisa Anda coba jika ingin menggunakan es batu sebagai obat sakit gigi. Pijat punggung tangan Anda dengan kompres es batu. Saraf di jari-jari Anda akan mengirimkan sinyal “dingin” yang mungkin akan menimpa sinyal rasa sakit dari gigi Anda.

4. Hidrogen peroksida 3%

Image result for larutan hidrogen peroksida shutterstock

http://kumpulan-warkahku.blogspot.com

Hidrogen peroksida adalah pembasmi bakteri yang ampuh dan terbukti khasiatnya sebagai obat sakit gigi.

Kumur dengan larutan hidrogen peroksida 3% untuk meringankan rasa ngilu di gigi yang diikuti oleh demam dan bau mulut (tanda-tanda infeksi), tapi jangan lupa untuk mencampurnya dengan sedikit air. Larutan ini bisa melukai mulut dan gusi jika digunakan dalam bentuk murni.

Kumur kemudian buang, lalu bilas mulut Anda dengan air putih.

5. Minyak cengkeh

Image result for minyak cengkeh shutterstock

http://lifestyle.kompas.com

Berhati-hati dalam menggunakan minyak cengkeh. Sembarangan menuang minyak cengkeh di mulut, bisa-bisa rasa sakit akan semakin parah jika minyak tersebut menetes ke lidah atau gusi Anda yang sensitif.

Tuangkan dua tetes minyak cengkeh pada bola kapas dan tempelkan di gigi yang bermasalah sampai rasa sakit mereda. Alternatifnya, Anda bisa gunakan cengkeh bubuk atau cengkeh utuh dan tempelkan di gigi yang sakit.

6. Obat-obatan

Image result for obat obatan shutterstock

http://kupang.tribunnews.com

Dapatkan obat-obatan pereda nyeri yang dijual bebas di apotek, misalnya ibuprofen untuk orang dewasa. Jika Anda menggunakan aspirin, jangan tempelkan tablet di gigi atau gusi yang sakit, langsung telan obat tersebut. Menahan aspirin dalam mulut bisa melukai bagian dalam mulut.

Untuk memiliki layanan home care kesehatan, Anda dapat kunjungi website kami dan Anda juga bisa mengandalkan aplikasi Insan Medika yang dapat diunduh di Google Play. Insan Medika adalah perusahaan agency perawat home care terpercaya di Indonesia. Menghadirkan layanan medis dengan pemasangan alat yang didukung oleh staff perawat profesional dan layanan non medis untuk perawatan lansia dan baby sitter.

Tag: articles

Akmelia