Home ยป 6 Gejala yang Ditunjukkan Tubuh Sebelum Terkena Serangan Jantung

6 Gejala yang Ditunjukkan Tubuh Sebelum Terkena Serangan Jantung

Serangan jantung terjadi secara tiba-tiba dan tidak tahu kapan akan datang. Gejala yang bisa dilihat pun tidak ekstrem, bahkan terkesan sangat tidak mengkhawatirkan. Padahal, serangan jantung sangat mematikan dan jika tidak diketahui sedari awal, nyawa seseorang yang mengalami bisa saja terancam.

Berikut ini tanda-tanda serangan jantung pada wanita yang harus kamu ketahui dan sadari mulai sekarang.

 

1. Pusing

pic credit klikdokter

klikdokter.com

Kebanyakan serangan jantung tidak selalu menyerang hingga membuatmu kehilangan kesadaran, namun timbul dengan perlahan yaitu dengan kepala pusing. Ini adalah tanda bahwa darah kekurangan oksigen karena jantung tidak berdetak dengan baik untuk memompa ke otak.

 

  1. Tubuh bagian atas yang nyeri

Jantung kita tidak punya banyak syaraf yang menghubungkan ke segala tubuh. Umumnya, efek yang dirasakan ketika jantung tidak bekerja dengan semestinya adalah timbulnya rasa sakit atau nyeri di bagian punggung, bahu, lengan, leher dan rahang. Beberapa orang menggambarkannya seperti ada sesuatu berat membebani punggung.

 

  1. Kelelahan

erabaru.net

Merasa sangat kelelahan biasanya dirasakan semua orang yang akan mengalami serangan jantung lebih dari satu bulan sebelumnya. Dan ini tidak disebabkan karena sering begadang atau kurang tidur, bahkan tidak banyak kegiatan membuat mereka sangat lelah.

 

  1. Berkeringat

winnetnews.com

Berkeringat dingin di malam hari sangat umum untuk seseorang yang baru saja olahraga. Tapi jika bukan dua hal itu yang sedang dilakukan, ini bisa jadi tanda serangan jantung.

 

  1. Mual

alodokter.com

Mual-mual terjadi tidak hanya karena keracunan makanan, atau tidak enak badan. Serangan jantung pada umumnya juga menunjukkan gejala mual-mual. Hal ini terjadi dua kali lebih sering dan mungkin bagi wanita dibanding serangan jantung pada pria.

 

  1. Nafas pendek-pendek

doktersehat.com

Jika melakukan aktivitas sederhana seperti berjalan cepat atau olahraga sejenak bisa membuatmu kehabisan napas atau mengalami nafas pendek-pendek seakan sudah olahraga berat, ini bisa jadi tanda serangan jantung.

 

Gejalanya memang tidak heboh seperti yang mungkin banyak orang lihat di sinetron, tapi gejala serangan jantung ini tak bisa diabaikan dan perlu penanganan segera agar tidak menimbulkan kejadian yang tak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *