6 Cara Ini Bisa Anda Lakukan Untuk Mengontrol Asam Urat

Penyakit asam urat atau gout adalah kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri yang tidak tertahankan, pembengkakan, dan rasa panas di persendian.

Asam urat sebenarnya dihasilkan di dalam tubuh kemudian dibawa di dalam aliran darah dan melewati ginjal. Asam urat ini dapat keluar dari dalam tubuh ketika Anda buang air kecil.

Asam urat ini dapat menumpuk di tubuh disebabkan oleh konsumsi beberapa makanan tidak sehat.

Berikut adalah cara efektif untuk mengontrol asam urat seperti dilansir dari boldsky.com

  1. Konsumsi banyak serat

hellosehat.com

Menurut penelitian, makanan yang kaya akan serat mampu mengendalikan asam urat di dalam tubuh. Jadi apabila Anda ingin mengontrol kadar asam urat di dalam tubuh, jangan lupa perbanyak konsumsi serat, seperti sayur, buah-buahan, dan gandum.

  1. Memasak dengan minyak zaitun

 

merdeka.com

Minyak zaitun mengandung asam lemak yang lebih rendah daripada jenis minyak yang lainnya. Oleh karena saat Anda memasak, usahakan untuk menggunakan minyak zaitun.

  1. Hindari konsumsi makanan manis

 

femina.co.id

Makanan manis mengandung kadar gula yang tinggi dan dapat meningkatkan asam urat di dalam tubuh Anda.

  1. Perbanyak konsumsi air

 

nayapusta.com

Apabila Anda banyak meminum air putih, maka air dapat membawa asam urat untuk keluar dari tubuh saat Anda buang air kecil dalam bentuk urine.

  1. Konsumsi buah ceri

 

viva.co.id

Ceri adalah salah satu jenis buah yang baik untuk dikonsumsi ketika Anda menderita asam urat. Ceri memiliki sifat anti inflamasi yang baik untuk mengendalikan asam urat.

  1. Tingkatkan konsumsi vitamin C

 

viva.co.id

Vitamin C merupakan salah satu jenis vitamin yang mampu mengontrol asam urat Anda. Jadi sebaiknya Anda mengonsumsi 500 miligram vitamin C secara rutin setiap hari untuk membuat tubuh Anda lebih sehat. Anda juga bisa memperoleh vitamin C dengan memakan buah-buahan.

Asam urat dapat menimbulkan rasa sakit yang amat sangat di dalam tubuh dan membuat tidak nyaman. Oleh karena itu cobalah mengontrolnya dengan beberapa cara sehat di atas.

Pilihlah layanan home care kesehatan yang tepat untuk keluarga anda tercinta. Anda dapat kunjungi Insan Medika untuk mendapatkan layanan home care terbaik.

Tag: articles

Vionita