5 Strategi Sukseskan Niat Olahraga Pagi 

1. Jauhkan Alarm

Related image

betanews.com

Salah satu strategi mereka yang sulit bangun pagi ialah memasang alarm. Namun, kesalahan yang kerap dilakukan adalah meletakkan alarm dekat dengan jangkauan tangan. 

Langkah ini memang sukses membuat orang bangun dan menekan tombol 'snooze' kemudian tidur lagi. Coba letakkan alarm jauh dari jangkauan, sehingga saat terbangun, tubuh dipaksa beranjak untuk mematikannya. 

2. Bergerak!

Related image

amazonaws.com

Ketika beranjak dari kasur, jangan langsung pergi mandi, apalagi membuka laptop dan mengecek email. Ambil sedikit makanan untuk disantap, ambil pakaian olahraga dan bergeraklah. 

Agar lebih efektif, siapkan pakaian olahraga sebelum tidur dan diletakkan di tempat yang mudah terlihat. Kadang orang malas olahraga karena harus menyiapkan pakaian olahraga saat pagi. 

3. Tentukan Hal yang Dinanti Saat Pagi

Image result for thinking and smiling

banchitv.net

Manfaat olahraga pagi memang bisa memotivasi diri untuk bangun dan bergerak. Namun, rasa kantuk bisa saja mengalahkan dan ujung-ujungnya orang akan kembali memeluk guling. Untuk menghindari hal ini, coba untuk menyiapkan atau memikirkan hal yang diinginkan di pagi hari. 

Saat lari di treadmill, mungkin bisa sembari menonton acara televisi favorit. Jogging juga bisa dilakukan sembari mendengarkan lagu-lagu kesayangan.

4. Jangan Lupa Pemanasan

Image result for stretching before exercise

fustany.com

Mungkin menu olahraga pagi sudah dipersiapkan baik-baik. Berbagai morning work out atau bahkan work out challange sudah ingin dieksekusi. Namun semua tak bisa terlaksana dengan baik tanpa pemanasan yang cukup. Tak perlu menghabiskan 20 menit untuk peregangan agar tubuh lentur. 

Lakukan gerakan ringan selama 5-10 menit sebelum dilanjutkan dengan gerakan yang lebih intensif. 

5. Jangan Terlalu Lama

Image result for stopwatch

yourhousehelper.com

Olahraga di pagi hari tak perlu dilakukan terlalu lama. Siapa yang mau menghabiskan 2 jam hanya untuk berolah raga? Olahraga terlalu lama hanya akan mengacaukan rutinitas. 

Saat ini banyak situs yang menawarkan gerakan tubuh kurang dari 10 menit. Olahraga pagi cukup dilakukan singkat saja sehingga orang masih punya cukup waktu untuk mandi, sarapan, dan berangkat kerja.

Insan Medika merupakan provider homecare dan caregiver terbaik dan terpercaya. Segera temukan perawat professional pilihan Insan Medika dengan mengunjungi website kami.

Tag: articles

Chintya